Jelang Hari Raya Idul Adha Terpantau Oleh Wakil Bupati Dan TPID Kabupaten Beltim Harga Pasar Bahan Pokok Normal

Gantung, Beltim –Bharindojakartaindonesia.com/- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melaksanakan Pemantauan Harga dan Stok atau Sidak Pasar di Sub Distributor Bahan Pokok, di Pasar Lipat Kajang Manggar dan Pasar Gantung, Jumat pagi (16/6/23). Untuk pemantauan Harga dan Stok atau Sidak Pasar, Wakil Bupati (Wabup) Belitung Timur (Beltim) Khairil Anwar turut serta langsung dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Pada kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemerintah Daerah melalui TPID, standar harga dalam pemantauan masih normal. Tim menemukan kekurangan stok ikan, sehingga harga daging ayam naik meskipun tidak terlalu tinggi.

Ditemui seusai kegiatan Wabup Khairil mengatakan,“ Untuk harga berdasarkan pemantauan tidak begitu mahal, seperti bawang merah masih diharga Rp.30 ribu per kg, cuma yang agak tinggi ini di bawang putih mencapai Rp.38 per kg dan biasanya hingga Rp.40 ribu per kg. Harga daging ayam masih bisa dikatakan tidak terlalu tinggi dan masih bisa dijangkau oleh masyarakat, kisaran harganya antara Rp.48 ribu per kg untuk daging ayam lokal dan Rp.45 ribu per kg untuk yang beku,”.

“Untuk harga cabai kecil ada perbedaan harga antara cabai lokal dengan cabai dari Jakarta dengan selisih harga antara Rp.15 ribu per kg-Rp.20 ribu per kg, sedangkan untuk cabai besar  harganya  relatif sama antara Rp.35 ribu per kg-Rp.37 ribu per kg,” jelas Khairil.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Khairil menyampaikan untuk stok bahan pokok masih mencukupi dan berharap masih tetap aman.

“Menjelang Idul Adha pastinya ada kenaikan harga walaupun tidak signifikan sedangkan stok dari penyalur sampai hari ini masih aman,” ujar Khairil.

Pemerintah Daerah akan menggelar Operasi Pasar Murah, yang dimulai pada pada senin depan (19/6/23) di Kecamatan Kelapa Kampit dan dilanjutkan enam kecamatan lainnya selama sepekan. Kegiatan ini untuk membantu masyarakat yang memerlukan bahan pokok yang lebih terjangkau, antisipasi dan stabilitasi harga serta pengendalian inflasi menjelang hari raya Idul Adha.

(Den/Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *