PANEN BAWANG DAN JERUK DI HUMBAHAS, NAWAL AJAK MASYARAKAT JAGA KETAHANAN PANGAN

Medan -Bharindojakartaindonesia.com/-
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis melakukan panen bawang dan jeruk di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Pada kesempatan itu, Nawal pun mengajak masyarakat untuk terus menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada.

“Ayo masyarakat manfaatkan tanah kita yang subur ini untuk menjaga ketahanan pangan kita, kita beruntung punya tanah yang subur, air yang cukup,negara lain belum tentu seperti ini,” kata Nawal Lubi usai panen bawang di Kecamatan Bakti Raja, Humbahas, Selasa (13/6). Sebelumnya, Nawal dan rombongan juga melakukan panen jeruk di Kecamatan Peranginan, Humbahas.

Salah satu cara memanfaatkan tanah yang subur dengan mudah yaitu dengan cara menanam tanaman pangan di pekarangan rumah. Menurut Nawal, dengan menanam tanaman pangan, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan bahan pangan.

“Ketahanan pangan sangat penting sekali, bisa kita lakukan dengan mudah, apalagi tanah kita subur, sebuah keluarga harus memiliki ketahanan pangan,” ujar Nawal.

Nawal juga mengharapkan seluruh kader PKK untuk menggerakkan masyarakat menjaga ketahanan pangan. Menurutnya, kader PKK bisa masuk menyosialisasikan program ketahanan pangan PKK hingga tingkat masyarakat terkecil seperti keluarga.

“PKK bisa mengedukasikan masyarakat, ayo mulai sekarang menanam sehingga ketahanan masing masing keluarga terus terjaga,” ujar Nawal.

Nawal juga mengaku senang memanen jeruk dan bawang. Apalagi saat mengetahui kualitas jeruk dan bawang yang Ia panen sangat baik.

“Saya sangat senang sekali panen jeruk, apalagi jeruknya enak sangat manis, bawangnya juga bagus tadi saya lihat, inilah tanda tanah kita subur,” kata Nawal.

Sementara itu, Camat Bakti Raja Sanggam Lumbangaol mengapresiasi kehadiran Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis di daerahnya. Dikatakannya, wilayah Humbahas, khususnya Baktiraja, memiliki lahan pertanian yang cukup besar. Mayoritas masyarakat Baktiraja pun bekerja sebagai petani.

Turut hadir dan mendampingi Nawal Lubis memanen bawang dan jeruk, Ketua TP PKK Humbahas Kristina Dosmar Banjarnahor, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut. RATU

GINTING TEAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *