Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim Berkomitmen Untuk  Melanjutkan Program ‘Sedekah Kurban-ASN Bersedekah’

Manggar, Beltim – Bharindojakartaindonesia.com/ – Program ‘Sedekah Kurban-ASN Bersedekah’ Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim untuk tahun kedua, tahun 2022 lalu program ini membagikan 179 paket. Dan tahun ini jumlah paket bertambah menjadi 200 paket, paket daging sapi dan sembako dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di 7 Kecamatan di Kabupaten Beltim.

Sedekah yang dibagikan keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur, berupa daging sapi beserta campuran, tiga kilogram beras, satu kilogram gula, satu liter minyak goreng dan 6 bungkus mie instan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim Sarjano mengatakan dari program Sedekah Kurban, panitia berhasil mengumpulkan kurang lebih Rp70.020.000. Sedekah atau sumbangan berasal dari Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Kegiatan Kelompok Kerja Kepala TK (K3TK), se-Kabupaten Beltim serta pegawai Dinas Pendidikan.

“Alhamdulillah ini tahun ke dua kita melaksanakan kegiatan ‘Sedekah Kurban-ASN Bersedekah’. Dengan sumbangan yang ada, kita mampu membeli dua ekor sapi, sembako dan beras 600 kilo. Beras yang kita beli berasal dari petani lokal di Danau Nujau,” ungkap Sarjano seusai Pembagian Simbolis Paket Sedekah Kurban di Aula Pertemuan Dinas Pendidikan, Rabu (5/7/23).

Menurut Sarjano, 200 paket sedekah yang didistribusikan melalui koordinator MKKS yang ada di tiap kecamatan. Dengan rincian Kecamatan Manggar 46 paket, Gantung 35 paket, Kelapa Kampit 28 paket, Damar 25 paket, Simpang Pesak 20 paket, Dendang 20 paket dan Simpang Renggiang 16 paket.

“Insyallah masing-masing koordinator sudah memiliki nama-nama penerima bantuan dan yang benar-benar berhak. Merekalah yang akan menyalurkannya,” ujar Sarjano.

Mengingat banyak manfaat  dan nilai positif bagi masyarakat. Maka Sarjono berkomitmen program Sedekah Kurban ini akan terus berlanjut di kemudian hari.

“Insyallah Program ini banyak manfaatnya, terutama untuk memupuk rasa empati kita kepada sesama yang membutuhkan. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa membantu atau memberikan sedekah lebih banyak lagi,” kata Sarjano.

Sementara itu Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar seusai membagikan bantuan secara simbolis kepada koordinator, memuji komitmen guru, kepala sekolah serta pegawai di lingkungan Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim yang sudah mau berbagi terhadap sesama.

“Dengan niat yang tulus dari semua keluarga besar Dinas Pendidikan mereka bersepakat untuk menyisihkan sedikit pendapatan. Sedekah itu sangat dianjurkan oleh agama,” ujar Khairil.

Khairil menyatakan mewakili Pemkab Beltim sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh Keluarga Besar Dinas Pendidikan. Bahkan Dia berharap akan menjadi contoh bagi OPD lainnya di Pemkab Beltim.

“Mudah-mudahan dapat dicontoh oleh kawan-kawan kita yang lain. Karena yang sifatnya bersedekah itu tidak ada paksaan, sekecil apapun yang penting Lillahitaala, akan dapat balasan yang setimpal pula,” kata Khairil.

Khairil kembali menekankan meski masih dalam suasana Idul Adha namun Sedekah Kurban yang digelar oleh Dinas Pendidikan lebih kepada kepedulian terhadap sesama.   

“Saya melihatnya ini lebih kepada momen untuk berbagi. Soalnya kalau Kurban momennya sudah lewat,” tambah Khairil.

Selain membagikan paket daging dan sembako, pada kegiatan ini pula Keluarga Besar Dinas Pendidikan memberikan bantuan dan kenang-kenangan bagi para pensiunan guru serta mantan pegawai di Dinas Pendidikan.(TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *