Hindari Tindak Kejahatan ‘Babinsa Koramil 1303-02/Kecamatan Pasi Gelar Kegiatan Komsos Di Desa Inuai

BharindojakartaIndonesia.com/ – Kotamobagu-Rabu,05/07/2023, Keamanan dan ketertiban lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat TNI maupun Polri saja, akan tetapi seluruh elemen masyarakat dari tingkat atas hingga bawah harus pula mengambil peran sertanya untuk saling bahu membahu ikut menjaga Kamtibmas demi kemaslahatan bersama.

Situasi dan kondisi kehidupan sosial masyarakat dengan kemajemukannya hampir disetiap wilayah daerah, tentu tak luput dari berbagai persoalan yang sering bersinggungan dengan persoalan hukum, ditambah lagi dengan perkembangan zaman dan tekhnologi yang makin maju yang berdampak pada kehidupan sosial dan gaya hidup masyaraktpun ikut mengalami perubahan.

Hal ini tentu butuh perhatian kita bersama untuk melakukan upaya menjaga harmonisasi kehidupan sosial masyarakat dimaksud agar masyarakatpun dapat terhindar dari berbagai persoalan yang berdampak pada pelanggaran hukum maupun merugikan diri sendiri.

Merujuk pada hal tersebut di atas, aparat TNI Kodim 1303/Bolmong dari Koramil 1303-02/Passi laksanakan kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) dengan warga masyarakat di wilayah binaannya.

Sertu Salman. K anggota TNI AD Kodim 1303/ Bolmong yang kesehariannya bertugas sebagai Babinsa di Desa Inuai Kec. Passi Barat Kab. Bolmong mengunjungi warga dalam agenda kegiatan Komunikasi Sosial disalah satu rumah warga.

Dalam anjangsana penuh kekerabatan tersebut, dengan beberapa masyarakat dan juga para pemuda Desa Inuai,’Sertu Salman Kumaunang dalam dialog ringan menyampaikan pentingnya peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban Desa serta lingkungan sekitar, dialog dengan warga tersebut selain memberikan pembinaan pada masyarakat secara bertatap muka langsung, tujuan pembinaan yang difokuskan pada anak-anak muda tersebut lebih kepada, agar para pemuda di Desa binaan terhindar dari berbagai bentuk pelanggaran kejahatan yang dapat meyeret mereka pada persoalan hukum.

‘Adapun himbauan Babinsa dalam giat Komsos antara lain adalah yang pertama, diharapkan seluruh warga masyarakat tak terkecuali agar selalu menjaga keamanan dalam kegiatan baik bekerja keseharian maupun dalam pergaulan. Yang kedua, agar para pemuda tidak mengonsumsi minuman keras. Yang ketiga, para pemuda tidak melakukan aksi balap liar yang akibatnya nanti hanya akan merugikan diri sendiri, keluarga dan dampak kepada orang lain bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya terjadi kecelakaan, selain kegiatan balap, liar tersebut Juga sangat mengganggu ketentraman orang lain di sekitar kita, dan yang terpenting yang terakhir himbauan yang diberikan oleh Babinsa yakni selalu berperilaku yang baik, agar dapat berguna di tengah keluarga, pemerintah dan juga masyarakat.

(R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *