Kolaborasi & Belajar Bersama Dalam Mengembangkan Pengrajin Beltim Dan Belitung Agar Naik Kelas Bahkan Go Internasional

Tanjungpandan, Belitung -Bharindojakartaindonesia.com/- Kunjungan Ketua Dekranasda Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Purwenda Puspitasari dan anggota beserta Perajin Batik, juga Lais Beltim ke Perajin Lais dan Batik di Kabupaten Belitung, Kamis (6/7/23). Dengan kunjungan ini, Wakil Ketua I Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung, Funy Isyak Meirobie sangat senang dan terkesan.

Funy Isyak Meirobie dari Wakil Bupati Belitung ini, mengatakan,” Kami sangat senang dengan adanya kunjungan dari Dekranasda Beltim, dengan kunjungan ini kita bisa berkolaborasi. Untuk kedepannya bisa melakukan kolaborasi berupa pengerjaan pesanan yang dilakukan pengrajin Belitung dan Beltim, untuk berbagai ‘event’ di Pulau Belitung,”.

“Sekarang kan banyak ‘event’, permintaan produk akan lebih banyak, dengan begitu Dekranasda nantinya makin banyak menghasilkan perajin-perajin di Beltim maupun di Belitung induk ini,” ujar funy.

Menurutnya, untuk mengembangkan produk-produk kerajinan yang ada di Pulau Belitong, kita bisa saling terbuka belajar bersama-sama. Dan untuk kerajinan tangan dari Belitung Timur, tak kalah baik dari produk kerajinan Belitung.

“Karena banyaknya ‘event’ di sini, para perajin akan dapat banyak pesanan jadi otomatis mereka mencari ide baru dengan keluar daerah atau sekarang banyak info tentang produk-produk yang bagus di sosial media, jadi mereka mungkin dari situ menggali terus bagaimana agar dapat meningkatkan produk mereka supaya naik kelas bahkan ‘go international’ gitu,” jelas Funy.

Kepada para perajin untuk tidak putus asa, terus bersemangat, mau berkolaborasi dan terus belajar. Dan produk kerajinan yang bisa ‘go international’ adalah produk yang ‘back to nature’.

“Untuk segala produk kerajinan nanti akan go internasional kalau lebih alami, jadi tidak menggunakan bahan-bahan kimia sehingga hasilnya lebih natural,” harapnya.

(TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *