Dugaan Kasus Korupsi Dana Kesejahteraan Petugas Agama Bagian Kesra Pemda Bolmong Tahun 2021 ‘Kajari Kotamobagu Tunggu Tanggal Mainnya.

Bolmong- BharindoJakartaIndonesia.com/Terkuaknya dugaan kasus korupsi diinternal Setda Pememetintah Kabupaten Bolaang Mongondow bagian Kesejahteraan Rakyat tahun anggaran 2021 lalu, sedang didalami Kejaksaan Negeri Kotamobagu.

Dilansir dari pemberitaan media Totabuan.co beberapa waktu lalu, dana ratusan juta rupiah yang diperuntukkan untuk pembayaran kesejahteraan para pemuka/petugas agama wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow tahun anggaran 2021 lalu diduga dikorupsi.

Dalam pemberitaan Totabuan.co, dari hasil penyelidikan dan penyidikan pihak kejaksaan negeri Kotamobagu terkait kasus tersebut, sudah ada enam orang yang diperiksa termasuk kepala bagian Kesejahteraan Rakyat Bolmong inisial RK, dan dua bendahara MNA sebagai bendahara umum dan NB sebagai bendahara pembantu.

Diketahui Total alokasi dana untuk pembayaran insentif para petugas agama tersebut, berbandrol kurang lebih Rp.400.000.000 (empat ratus juta) rupiah lebih.

Terkait dugaan kasus korupsi diinternal Setda Pemkab Bolmong tersebut, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat ‘ RK dihubungi via telepon seluler menyampaikan bahwa, sejauh ini keterlibatannya dengan masalah dana tersebut hanyalah sebatas pertanggungjawaban secara administrasi saja dan tidak berkaitan dengan dananya langsung.

“Kami hanya sebatas menerima laporan disetiap triwulan dari para petugas agama dan selanjutnya dari data laporan tersebut, kami membuatkan surat permintaan pembayaran (SPP) yang diajukan ke bagian keuangan untuk diterbitkan Surat Perintah Membayar (SPM), sesudah itu diajukan lagi ke badan keuangan untuk diterbitkan surat perintah pencairan dana (SP2D), endingnya diserahkan ke pihak Bank untuk dilakukan penginputan ke rekening SKPD Setda Bolmong, selanjutnya di cheker meker oleh bendahara ke rekening penerima sesuai data Pairoll yang ada.’Jelas RK.

Sementara itu Kajari Kotamobagu ‘ Elwin Agustian Khahar, S.H, M.H. dihubungi Media ini Sabtu, 08/07/2023 via pesan WhatsApp untuk tindaklanjut kasus dugaan korupsi dana insentif para petugas agama yang diketahui sebanyak kurang lebih 1247 penerima Se Kabupaten Bolaang Mongondow tersebut menyampaikan bahwa, Terkait proses yang sedang ditangani oleh pihaknya, ‘tunggu saja tanggal mainnya, ‘Ujar Kajari Kotamobagu

( R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *