Banjir, Luapan Air Sungai Terjadi Dibeberapa Titik Wilayah Boltim’ Dandim Ingatkan Warga Waspada Dan Jajarannya Tetap Siaga

BharindojakartaIndonesia.com/ – Boltim – Senin,10/07/2023 hujan yang mengguyur hampir menyeluruh di wilayah BMR beberapa hari ini, mengakibatkan terjadinya luapan air sungai dan banjir yang melanda beberapa titik di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Wilayah tersebut diantaranya Di Desa motongkad Utara,
Desa Molobog Timur Kec Motongkad dan
Desa Nuangan Kec Nuangan.

Terjadinya Banjir diakibatkan Curah hujan yang tinggi secara merata di wilayah Kabupaten Bolmong Timur dan sekitarnya bahkan hampir merata di wilayah BMR sehingga menyebabkan Sungai motongkad meluap dan menggenangi pemukiman warga.

Luapan air sungai Desa Motongkad berdasarkan pantauan Anggota TNI Babinsa Koramil 1303-05/Kotabunan terjadi pada hari Senin tanggal 10 Juli 2023 sekitar pukul 05.00 WITA hingga kemudian pukul 07.45 pagi hari permukaan air hulu sungai Desa Motongkad mulai mengalami kenaikan dan meluap mengakibatkan luapan air tersebut membanjiri pemukiman warga sekitar.

Babinsa Koramil 1303-05/Kotabunan langsung mendatangi lokasi dan membantu Masyarakat yang terdampak banjir melakukan koordinasi dengan pemerintah dan aparat Desa setempat serta langsung melaporkan kepada Pimpinan.

Tingginya intensitas curah hujan diwilayah BMR, Dandim 1303 Bolaang Mongondow Letkol Infanteri Topan Angker. S.Sos Via pesan WhatsApp pada media ini, menghimbau agar masyarakat wilayah Bolaang Mongondow Raya tetap meningkatkan kewaspadaan, terutama yang bermukim di sekitar bantaran sungai, tepi gunung dan perbukitan, agar tetap waspada.

Selain itu, Ia pun meminta kepada seluruh jajaran Kodim 1303/BM ikut meningkatkan kesiapsiagaan memantau, memonitoring wilayah kerja masing masing untuk antisipasi bila mana terjadi hal-hal urgensi terkait dampak dari fenomena alam yang terjadi lebih khusus masalah banjir untuk secara sigap,cepat dan tepat melakukan koordinasi baik dengan internal Satuan, dengan pemerintah wilayah setempat membantu warga yang terdampak.

“Saya menghimbau pada seluruh masyarakat wilayah Bolaang Mongondow Raya yang mungkin saat ini mengalami intensitas curah hujan yang cukup tinggi , agar meningkatkan kewaspadaan, dan juga pada seluruh jajaran Kodim 1303 Bolmong agar tetap siaga dalam mengantisipasi dampak-dampak yang terjadi akibat banjir maupun bencana lainnya. himbau Letkol Infanteri Topan Angker Dandim 1303 Bolmong.

(R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *