Melalui Matsama, Yuniati Sampaikan : P5RA ke Peserta Didik Baru

BANJARNEGARA-Bharindojakartaindonesia.com/- Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah
Melalui hal tersebut.
Selasa, (18/7/2023).
MTS N  1 Banjarnegara melaksanakan kegiatan pengenalan yang bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan bagi semua siswa baru tahun ajaran (2023/2024).

Di hari ke dua MATSAMA, Yuniati selaku Waka Kurikulum berkesempatan mengisi kegiatan MATSAMA di aula MTs N 1 Banjarnegara dengan mengenalkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5RA).

“Proyek penguatan pelajar rahmatan lil alamin tak terpisahkan dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila (PPP) dalam implementasi kurikulum merdeka (IKM).
Penguatan dan peningkatan kualitas guru madrasah terhadap pemahaman tentang IKM terus digalakkan,” terang Yuniati saat ditemui di MTS N 1 Banjarnegara.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan terkait dengan proyek penguatan profil pelajar rahmatan lil alamin memiliki alokasi 20-30 % dari total jam pelajaran selama 1 tahun dan tidak terpisahkan dari proyek penguatan PPP.
Dalam Pelaksanaan, pengelolaan waktu pembelajaran dapat dilakukan secara terpisah antara proyek penguatan profil pelajar rahmatan lil alamin dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

“Proyek penguatan profil pelajar rahmatan lil alamin difokuskan pada penanaman moderasi beragama yang dapat diimplementasikan melalui kegiatan yang terprogram dalam proses pembelajaran maupun pembiasaan guna mendukung sikap moderat,“ sambung Yuniati.

Lebih lanjut, disampaikan secara detail tema-tema yang bisa dirumuskan menjadi tema turunan oleh setiap satuan pendidikan sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik siswa.
Tema-tema tersebut merupakan tema yang berkaitan dengan moderasi beragama yang sudah disepakati dalam satuan pendidikan.

   (Ugl/Ran/awy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *