Pilah Sampah sebagai Wujud Nyata P5 P2RA Muter Lampah di MTS N 1 Banjarnegara

BANJARNEGARA-Bharindojakartaindonesia. com/- Mulai tahun Ajaran (2023-2024) MTS Negeri 1 Banjarnegara menerapkan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5 P2RA) di jenjang kelas 7 dan kelas 8.
Ini merupakan P5 P2RA perdana bagi siswa kelas 7 dan program ketiga bagi kelas 8.
Tema yang diusung kali ini digagas oleh Musfiatul Muniroh, ketua P5 P2RA bertopik MUTER LAMPAH (Mutiara Tersimpan dalam Sampah).
Hal ini berkesinambungan dengan program adiwiyata MTS Negeri 1 Banjarnegara.

Pilah sampah menjadi gerakan nyata dalam P5 P2RA Muter Lampah.
Siswa kelas 7 dan kelas 8 diberi edukasi terlebih dahulu mengenai jenis-jenis sampah.
Dari jenis sampah yang sudah diterangkan ada yang berkategori bisa didaur ulang.
Sampah yang bisa didaur ulang inilah yang harus siswa pilih.
Tempat sampah yang sudah tersedia di depan masing-masing kelas menjadi sasaran utama dalam pemilihan sampah.
Sampah yang masih tercampur dipilih oleh siswa untuk dipisahkan antara yang bisa didaur ulang dan tidak, pada Selasa (1/8/23) kemarin.

“Sesuai dengan topik P5 P2RA kali ini yaitu Muter Lampah, siswa kami arahkan untuk bisa memanfaatkan kembali sampah yang bisa didaur ulang.
Mereka memilih sampah yang dibuang kemudian mencuci sampai bersih dan dijemur.
Sampah-sampah ini nanti akan dimanfaatkan oleh siswa dengan arahan para fasilitator kelas.
Jika masih bisa dibuat kerajinan bisa dirancang terlebih dahulu, jika tidak bisa maka bisa dikumpulkan yang nantinya akan ditimbang dan dijual,” jelas Musfiatul Muniroh.

Kategori sampah yang bisa didaur ulang yaitu botol bekas, gelas minuman kemasan, sedotan, cup bekas, dan lain sebagainya. Para siswa antusias memilih sampah bahkan tidak jarang yang saling berebut. Upaya ini menjadi salah satu kegiatan yang mendukung sekolah adiwiyata, program yang sedang diikuti oleh MTS Negeri 1 Banjarnegara. Melalui P5 P2RA Muter Lampah ini diharapkan akan menumbuhkan sikap peduli lingkungan khususnya dalam bidang persampahan.

Selain memilah sampah, kegiatan lain yang ada dalam P5 P2RA Muter Lampah ini adalah membuat hiasan kelas menggunakan barang bekas yang dibawa dari rumah.
Sikap peduli lingkungan ini diharapkan tidak hanya diterapkan di lingkungan madrasah saja, melainkan di lingkungan tempat tinggal dan sekitarnya.

   (Ugl/Rin/awy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *