Hadiri Gelar Batik Nusantara, Kapolri Dorong Pelestarian Batik Agar Semakin Mendunia

JAKARTA – Bharindojakartaindonesia.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri acara prestisius, Gelar Batik Nusantara (GBN), yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Negara Indonesia, Iriana Joko Widodo di Area Pulau Satu SPARK Senayan, Jakarta Pusat.

Acara yang bertema ‘Batik, Bangkit!‘ ini menyoroti keindahan Karya Batik Indramayu, termasuk Batik Complongan, yang turut dipakai oleh Presiden Jokowi.

“Saya menghadiri Gelar Batik Nusantara (GBN) yang dibuka langsung oleh Bapak Presiden RI beserta Ibu Negara,” kata Kapolri dalam unggahan instagramnya @listyosigitprabowo, dikutip
Jumat, (4/8/2023).

Menurut Kapolri, GBN merupakan sebuah program dua tahunan yang diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) sejak tahun 1996, memiliki tujuan mulia untuk meningkatkan nilai batik dari segi sosial, budaya, dan ekonomi.
Dalam acara ini, fokus diberikan pada upaya pelestarian, perlindungan, pengembangan, dan promosi batik sebagai warisan budaya asli Indonesia.

“Bertujuan untuk meningkatkan nilai batik dari segi sosial, budaya dan ekonomi dengan fokus pada pelestarian, perlindungan, pengembangan dan pewartaan batik nasional sebagai warisan budaya asli Indonesia,” ujar Kapolri.

Dengan dukungan Kapolri, acara ini diharapkan mampu memberikan dorongan besar bagi industri batik Indonesia, sehingga batik semakin dikenal dan mendunia, serta dapat mengharumkan nama baik Indonesia di kancah internasional.

Kapolri mengajak semua lapisan masyarakat untuk melestarikan warisan budaya ini, sehingga menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan mempertahankan kearifan lokal.

“Sehingga diharapkan batik semakin mendunia dan mengharumkan nama baik Indonesia di kancah Internasional,” pungkas Kapolri.

 (One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *