Wujudkan Belitung Timur Bangkit Berdaya Melalui Penciptaan Lapangan Pekerjaan

Manggar, Beltim –Bharindojakartaindonesia.com/-  Sebanyak 11 Perusahaan di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur mengikuti Job Fair tahun 2023 Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Belitung Timur. Dengan total lowongan mencapai 157 lowongan.

Job Fair yang berlangsung di halaman Koramil Manggar ini dibuka oleh Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar. Kegiatan akan berlangsung selama dua hari, dari Rabu, (2/8/23) hingga Kamis, (3/8/23).

Ketua Panitia Job Fair 2023 Abdul Rachim mengatakan kegiatan ini untuk memfasilitasi dan mempertemukan para perusahaan dan pencari kerja dalam satu tempat sehingga akan memudahkan interaksi dan komunikasi antar masing-masing pihak.

“Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur yaitu Mewujudkan Beltim Bangkit Berdaya melalui Penciptaan Lapangan Pekerjaan Dalam rangka Pengentasan Kemiskinan. Kita selaku OPD yang diberikan tanggung jawab atas hal tersebut, maka setiap tahunnya akan diselenggarakan kegiatan Job Fair,” kata Boim sapaan sehari-hari Abdul Rachim.

Agar banyak pencari pekerjaan (pencaker) mengetahui adanya Job fair ini, Panitia sudah mempromosikan melalui publikasi di media sosial, ke sekolah-sekolah hingga pemasangan spanduk di kecamatan bahkan hingga ke Kabupaten Belitung. Dinas Komunikasi dan Informatika juga ikut membantu mempromosikan Job Fair 2023.

“Kita juga ke sekolah-sekolah dengan harapan pihak sekolah bisa menginfokan ke alumni-alumninya biar mereka paham lapangan pekerjaan yang ada. Kalau pun informasi ke pencaker belum banyak yang tahu, nanti kita akan evaluasi promosi yang kita laksanakan,” ujar Boim yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Beltim Gustaf Pilandra.   

Mantan Camat Manggar ini berharap seluruh lowongan pekerjaan, yakni 147 lowongan dan 42 jabatan yang tersedia dapat diserap oleh pencari kerja di Kabupaten Beltim.

“Target kita seluruh lowongan yang ada dapat terisi semua, terutama dari pencaker di Kabupaten Beltim. Ada dua perusahaan perhotelan dan kita ada alumni SMK Perhotelan dan Tata Boga, meski mereka harus kerja di luar Kabupaten Beltim, dak masalah,” harap Boim.

Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar berharap pada Job Fair tahun-tahun selanjutnya akan semakin banyak perusahaan dan lowongan pekerjaan yang dapat tersedia. Mengingat hal ini akan berdampak pada serapan tenaga kerja di Kabupaten Beltim.

“Kita tahu banyaknya lulusan yang ingin mencari pekerjaan tidak sebanding lurus dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Kita dari pemerintah hanya bisa mengajak, agar perusahaan yang ada di Kabupaten Beltim dapat ikut berpartisipasi,” kata Khairil.

Khairil meminta peran aktif seluruh OPD yang ada untuk ikut bersama-sama berpartisipasi untuk memeriahkan kegiatan Job Fair ini, agar dapat lebih semarak dan menarik berbagai perusahaan rekanan.

“ke depan kalau ada kegiatan seperti ini kita berkolaborasi dengan OPD-OPD lain, supaya lebih meriah. Insyallah dengan kerjasama dengan OPD, nanti akan lebih maksimal hasilnya,” harap Khairil.

Kepada para pencaker Khairil berpesan agar dapat mengedepankan attitude atau sikap dan tanggung jawab yang baik saat bekerja. Mengingat jika hanya mengandalkan ijazah atau kepintaran maka semua akan sia-sia.

“Pintar itu saja dak cukup. Kalau bagi perusahaan itu attitude dan tanggung jawab yang paling penting. Kalau hanya ngisi otak gampang, ditraining tiga bulan sudah bisa mahir,” pesan Khairil.

(TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *