Mudahnya Belajar Mengenal Lambang Pancasila Dengan Media Lembar Heksagonal

BANJARNEGARA – Bharindojakartaindonesia.com/- Pancasila adalah ideologi negara yang harus di mengerti dan dipahami oleh semua & Indonesia. Karena pada Pancasila terdapat nilai-nilai luhur yang sangat baik untuk menjalankan semua sendi kehidupan.

Setiap pendidik pasti selalu menyisipkan nilai-nilai yang terdapat pada Pancasila sebagai penguatan Pendidikan karakter dalam pembelajarannya, seperti hari ini.
Senin, (7/8/23) guru  kelas 1 MI Islamiyah 01 Rakit mengajar materi  mengenal lambang Pancasila dengan menggunakan media lembar heksagonal.

Atun Farida selaku guru kelas 1 MI Islamiyah 01 rakit menggunakan media bentuk heksagonal yang di buat seperti lebar buku yang sangat menarik untuk lebih mempermudah pemahaman siswanya.”Saya membuat media dengan bentuk bangun datar heksagonal/segi enam yang saya jadikan sebagai lembaran yang bisa di buka dan tutup seperti buku, apalagi saya memberikan warna pada permukaan heksagonal dengan beragam sehingga hal ini semakin membuat siswa saya tertarik”.

Dalam kegiatan pembelajaran ini siswa di jelaskan terlebih dahulu tentang materi kemudian guru memberikan assessment/penilaian dengan melaksanakan tugas secara berkelompok, hal ini sering dilakukan karena untuk melatih sikap saling menghormati, kerjasama mempererat hubungan dengan antar siswa, dan belajar bermusyawarah,

Menurut Atun Farida dia sering memberi tugas siswanya secara berkelompok ini juga mengandung tujuan agar siswanya terbiasa bersikap sesuai dengan nilai-nilai dari Pancasila secara nyata. “ Saya sering memberikan tugas kepada anak-anak dengan tugas kelompok hal ini bertujuan untuk melatih mereka bekerjasama, bermusyawarah, saling menghormati dan mempererat hubungan antar teman, apa yang mereka lakukan dalam tugas kelompok ini sebenarnya sudah mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata” ujarnya.

Kegiatan pembelajaran pengenalan simbol/lambang Pancasila dengan menggunakan media heksagonal ini membuat anak-anak lebih cepat memahami materi yang disampaikan media ini juga bisa dijadikan alat untuk menghafalkan.

Selain itu anak-anak kelas 1 merasa lebih mudah memahami dan menghafalkan lambang/simbol Pancasila. Seperti yang disampaikan oleh Azkiatun Nur Hasanah “ Belajar lambang Pancasila dengan bu guru hari ini mudah dipahami, saya senang sekali” ungkapnya.

     (ugl/af/awy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *