Menhan Prabowo Subianto Mewakili Presiden RI Hadiri Hari Veteran Nasional di Solo

Solo –Bharindojakartaindonesia.com/- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mewakili Presiden RI Joko Widodo menghadiri acara Peringatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas) yang digelar di Auditorium GPH Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Kamis, (10/8/2023).

Hari Veteran Nasional di Tahun 2023 ini mengusung tema “Dengan jiwa, Semangat dan Nilai-nilai Juang ’45 LVRI ikut serta mensukseskan Pemilu 2024 dan Konsisten untuk melanjutkan pembangunan Nasional”.
Tema ini mengingatkan pada jasa dan pengorbanan Veteran Republik Indonesia yang telah berjuang, membela, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (NKRI)

“Selamat Hari Veteran Nasional kepada seluruh Veteran Republik Indonesia. Saya ingin menyampaikan penghargaan dan penghormataan yang setinggi-tingginya karena saudara-saudara adalah pejuang Merah Putih yang tidak kenal menyerah.
Saudara telah membuktikan Cinta Tanah Air saudara,” kata Presiden RI dalam amanatnya yang disampaikan Menhan Prabowo.

Dalam konteks pertahanan negara, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa perjalanan negara ini merupakan prestasi yang diukir dengan tidak mudah. Indonesia mengorbankan seluruh potensi komponen Bangsa demi tegaknya NKRI. Kedaulatan NKRI harus tetap kita jaga karena NKRI adalah harga mati.

Pengorbanan ini bukan hanya fisik manusia saja namun penguatan kapasitas dan kapabilitas pertahanan negara.
Saat ini Kemhan terus melaksanakan modernisasi dan pembangunan kekuatan TNI.
Indonesia juga terus menghidupkan dan mengembangkan industri pertahanan strategis nasional agar menjadi Bangsa yang mandiri.
Itulah yang akan Indonesia lakukan dan lanjutkan di masa depan.

“Panutan kita adalah Panglima Besar Jenderal Soedirman.
Dari beliau kita belajar untuk tidak pernah menyerah dalam mengejar cita-cita. Tidak ada kata menyerah di dalam hati seorang pejuang Merah Putih,” kata Presiden Jokowi.

“Kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri Bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen Bangsa,” tegas Presiden.

Di sela–sela membacakan sambutan Presiden RI, Menhan Prabowo juga menyampaikan rencananya untuk memperjuangkan dan mengusulkan kepada Presiden RI untuk memperbaiki kondisi veteran di manapun.

“Selamat berjuang, korbankan terus semangat Merah Putih.
Wariskan terus nilai-nilai kepada anak-anak generasi penerus Bangsa untuk meneruskan Indonesia yang selalu patriotik, berjuang untuk rakyat Indonesia hidup lebih baik dan menjadi Bangsa yang terhormat serta disegani Bangsa-Bangsa lain,” kata Menhan Prabowo Subianto.

Pada peringatan Harvetnas, Presiden menganugerahkan Tanda Kehormatan Veteran Anumerta Dwikora kepada 168 orang dan Veteran Anumerta Trikora 95 orang. Presiden melalui Menhan menganugerahkan Veteran Anumerta Trikora yang diwakili oleh Marsda TNI (Purn) Suparman Natawikerta.
Sementara penganugerahan Veteran Anumerta Dwikora diberikan kepada Kolonel (Purn) Wasiman Siswanto.

Hadir pada acara Harvetnas di kota Solo, Ketua Umum DPP LVRI yang diwakili Ketua Umum I DPP LVRI Letnan Jenderal TNI ( Purn ) Muzani Syukur, Walikota Surakarta Gibran R. Raka dan Ketua Pengurus Piveri Puji Maryati (Istri dari Letjen TNI (Purn) Muzani Syukur.

    (One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *