Pembangunan Desa Dalam Pembangunan Nasional untuk mencapai Indonesia Emas

JAKARTA- Bharindojakartaindonesia.com/-           Dr.Ngasiman Djoyonegoro dalam kesempatan mengutarakan pendapat di deCENTER Jalan Iskandarsyah 2 Jakarta Selatan. (15/8/2023).            Iya menyampaikan tentang pentingnya pembangunan desa dalam pembangunan nasional dan desa unggul untuk mencapai Indonesia Emas .        

     Dijelaskan, ” Kita melihat pemimpin kita itu mempunyai cara tersendiri mekanisme dan cara tersendiri dalam perencanaan pembangunannya. Kalau kita melihat masa orde lama masa kemerdekaan Republik Indonesia dan Orde Baru dengan Repelita, kelompencapir dan lain-lain.                  Di masa reformasi,

Saya orang  pertama yang mengucapkan mendorong agar dalam APBN itu dipotong sepuluh persen untuk pembangunan desa di Indonesia. Jadi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Undang-Undang Desa no 6 tentang Desa disyahkan oleh MPR.,tahun 1914

  “Perjuangan saya mendorong agar pemerintah memberikan dana pembangunan untuk setiap desa sebanyak 1 miliar rupiah,bahkan di era Presiden Joko Widodo dana desa naik menjadi dua miliar rupiah setiap satu desa. Masa SBY UU desa dijalankan sampai hari ini di era Presiden Joko Widodo.         

    “UUD desa tidak hanya untuk pranata hukum, tapi untuk kebijakan ketahanan nasional dari desa. UU desa untuk mewujudkan cita-cita kita menjadi Indonesia Emas di tahun 2045 yaitu Indonesia sejahtera, pembangunan merata, mandiri seperti yang di cita-citakan pendiri bangsa kita.”

Berdasarkan UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa Pasal 78(1), pembangunan desa yaitu peningkatan pelayanan dasar,pembangunan ekonomi pertanian berskala produktif, pengembangan desa dan pemanfaatan teknologi tepat guna,dan peningkatan kualitas ketertiban dan ketentraman masyarakat desa.                          

  Diakhir, Dr. Ngasiman mengatakan, ” Pembangunan berkelanjutan di desa saat ini menerapkan prinsip-prinsip SDGs (  Sustainable Development Goals) Desa.  SDGs Desa sendiri merupakan program turunan dari SDGs yang dikeluarkan PBB yang memiliki 17 tujuan atau goals.            

     
  “Oleh karena itu pembangunan yang menerapkan SDGs Desa maka dapat membantu pencapaian pembangunan nasional berkelanjutan sesuai dengan peraturan Presiden nomor 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan berkelanjutan.           

   Pembangunan desa juga bukan semata-mata untuk meningkatkan masyarakatnya saja,tetapi juga untuk kualitas pendidikan, kesehatan, lingkungannya, sumber daya masyarakat desa atau berbagai poin dalam SDGs Nasional ( SDPN ).

   “Sehubungan dengan pembangunan desa Desa unggul adalah desa yang mempunyai BUM Des yang mempunyai keunggulan selama ini, dapat mewujudkan desa yang mempunyai keunggulan masing-masing di masing-masing  wilayah Kabupaten.                                                          

     “Badan Usaha Milik Desa itu bisa desa menjadi desa unggul, menopang penyaluran dana desa dapat mewujudkan ketahanan di tingkat desa. Selain itu adanya Mahasiswa masuk desa, turut membangun desanya.”  Pungkasnya.       

     Penulis : Paulus. S. Budhiadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *