Sumsel Ikuti Piala Menpora Siap Di Perebutkan Pada Kejurnas Layangan Aduan Di Jakarta

Jakarta – Bharindojakartaindonesia.com/- Kejuaraan Nasional (Kejurnas) layangan aduan siap 2023 memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan OLahraga (Menpora). Ajang ini digelar oleh Persatuan Layangan Aduan Seluruh Indonesia (Perlasi) di Lapangan Perlasi Rorotan, Jakarta Utara, 17-20 Agustus 2023.

Setelah tahun lalu mengadakan Kejurnas 2022 memperebutkan Piala Gubernur DKI, untuk turnamen tahun ini bernama “Turnamen Layangan Aduan Piala Menpora Kejurnas 2023”.

Ketua Umum Perlasi, Essa Muhamad menjelaskan selain dalam rangka memperingati HUT RI ke-78, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memasukkan olahraga layangan aduan menjadi cabang olahraga (cabor) yang diakui oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Dengan tema “Layangan Aduan Menuju Olahraga Prestasi”, ajang ini juga memiliki misi melestarikan budaya bangsa sekaligus menyalurkan minat masyarakat dalam olahraga layangan aduan.

“Kejurnas merupakan pestanya para pemain layangan dari seluruh Tanah Air. Indonesia telah menjadi barometer kejuaraan layangan aduan dunia. Bahkan rencananya tahun 2024 kami bakal menyelenggarakan kejuaraan dunia layangan aduan,” katanya kepada awak media di Jakarta, Senin (14/8/2023).

Peserta kejurnas yang sebanyak 256 peserta berasal dari berbagai kota di Indonesia, mulai dari Sumsel, DKI Jakarta, Banten yaitu Tangerang  dan Tangerang Selatan, Jawa Barat yaitu Cikarang, Purwakarta Depok, Bogor, Bandung.

Adapun dari 256 peserta yang ikut  kejuaraan layangan aduan ,provinsi Sumsel mengirimkan 13  atlitnya, Wendy Romansyah, Ardiansyah, Kgs M. Anton, Heriyadi, Rama diansyah, Masrio Oktaviansyah, Mgs Fadel, Jefri, yang akan bertanding memperebutkan piala menpora pada kejuaraan layangan aduan ,,yang di pimpin langsung Ponco Darmono ketua dpd  Perlasi Sumsel.

Jawa Tengah diwakili dari Pekalongan dan Temanggung, Jawa Timur dari Situbondo dan Pasuruan. Dari luar Jawa ada Provinsi  Sulawesi Utara yaitu Kota Bitung, Kalimantan dari Banjarmasin dan Balikpapan. Sumatera dari Palembang Jambi, Aceh dan Lampung,  serta Bali dari Kota Singaraja.

Kejurnas Perlasi kali ini  dibanjiri ribuan orang yang akan menonton pertandingan dan juga  dimeriahkan dengan berbagai pameran produk, bazar dari UKM serta para sponsor.

“Terkait lokasi kejuaraan di Lapangan Rorotan, Cilincing Jakarta Utara dipilih karena layak sebagai tempat untuk menerbangkan layangan yang letaknya strategis. Selain itu berada di wilayah Utara Jakarta yang dekat dengan laut yang banyak angin, sehingga ideal untuk kejuaraan layangan,” urai Essa.

Kejurnas ini akan menggunakan sistem gugur dan selain memperebutkan Piala Menpora juga memperebutkan hadiah total sebesar Rp160 juta yang terbagi dalam juara 1, 2, 3, 4 dan juara harapan 1-4.

Untuk pembukaan Kejurnas layangan aduan yang digelar pada 18 Agustus 2023 rencananya dihadiri oleh Menpora Ario Ariotedjo dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

adapun harapan dari ketua DPD Perlasi sumsel Ponco Darmono SE.saat pembukaan kejurnas layangan aduan , beliau mengatakan  agar cabor layangan aduan dapat menjadi penyumbang medali baik even nasiona maupun di even internasional,

dan di tahun 2024 nanti  Indonesia  akan menjadi tuan rumah,dalam even kejuaraan dunia layangan aduan,semoga kedepannya perlasi semakin jaya ,,ungkapnya Ponco Darmono SE.

Pewarta : Lily

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *