Polri Bentangkan Merah Putih Raksasa di Jembatan Pulau Balang Kaltim

Kaltim –Bharindojakartaindonesia.com/- Polri telah membentangkan bendera Merah Putih berukuran raksasa di berbagai lokasi di Indonesia, termasuk di Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur. Langkah ini diambil oleh Polri dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Proses pemasangan bendera yang memiliki ukuran 4 x 200 meter tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2023. Sebanyak 1.000 orang dari berbagai unsur, termasuk TNI-Polri, pemerintah daerah, Basarnas, BNN Daerah, BPBD, PUPR, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat adat, turut berpartisipasi dalam acara ini.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa perayaan kemerdekaan tahun ini memiliki makna khusus karena Indonesia telah berhasil mengatasi pandemi COVID-19.

“Kenapa harus jembatan Pulau Balang? Karena jembatan tersebut merupakan jembatan yang akan menghubungkan Balikpapan dengan IKN (Ibu Kota Negara) dan merupakan simbol megah yang sementara ini sudah ada terkait pembangunan IKN Nusantara di Kaltim,” kata Kapolri dalam video kolosal Hari Kemerdekaan Ke-78 RI, dikutip Sabtu, (19/8/2023).

Dalam video peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI, Kapolri juga menyoroti peran besar Polri dalam menghadapi pandemi COVID-19. Kapolri dan jajaran pimpinan Polri terlibat langsung dalam memerangi virus global tersebut.

Kapolri mengingatkan tentang pentingnya persatuan dalam keberagaman Indonesia.

“Kita terlahir dengan keberagaman.
Kita berbeda, namun terikat satu tujuan.
Kita tak sama, tapi akan terus bergerak bersama. Melangkah, terus merajut persatuan dan kesatuan,” ujar Kapolri.

Video kemudian menampilkan anggota-anggota kepolisian dari seluruh pelosok negeri. Kiprah para Korps Bhayangkara itu bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan.

“Jiwa raga ini untukmu, NKRI. Satu rasa saling memiliki.
Saling bergandengan tangan. Berjuang untuk kemajuan.
Berlarilah, terus berlari,” kata Kapolri.

Kapolri mengajak seluruh warga Indonesia untuk membangkitkan semangat perjuangan

“Biarkan merah, kobarkan semangat perjuangan dalam darah.
Biarkan putih, bergelora dalam sanubari.
Membawa kedamaian untuk Ibu Pertiwi.
Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78.
Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” pungkas Kapolri.

    (One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *