Kebakaran Lahan Perkebunan’Babinsa Koramil Kodim 1303-09 Bolaang Berjibaku Padamkan Kobaran Api.

Bolmong-Senin,21/08/2023- BharindoJakartaIndonesia.com/-  Kondisi cuaca panas yang melanda hampir sebagian wilayah BMR jadi perhatian buat warga untuk tetap waspada dengan potensi kebakaran khususnya bagi warga yang memiliki lahan perkebunan.

Pada Minggu, 20 Agustus 2023 sekitar pukul 18.15 WITA, telah terjadi Kebakaran Lahan di area perkebunan Desa Inobonto Kecamatan Bolaang Kabupaten Bolmong milik salah satu warga Desa Inobonto.

Posisi lahan kebun berbukit yang cukup berdekatan dengan pemukiman warga membuat sejumlah anggota Korami 1303-09 Bolaang bersama anggota Polsek Bolaang serta warga sekitar harus berjibaku berusaha memadamkan api.

Peltu Sulaiman yang bertugas sebagai Pgs.Danramil 1303-09/Bolaang beserta beberapa anggotanya harus turun tangan mengatasi kejadian kebakaran dengan peralatan seadanya.

Kebakaran lahan tersebut terjadi sekitar pukul 17.45 WITA berdasarkan informasi anggota Piket Koramil ‘Kopda Ahrian Mamonto yang melihat titik Api di lokasi perkebunan (Bukit depan Koramil) Desa Inobonto.

Dari laporan Piket tersebut, Babinsa Desa Inobonto Sertu Tomi Mokodompit dibantu Praka Herman mengecek lokasi titik Api, dan diperoleh informasi bahwa ada oknum masyarakat yg melakukan pembakaran dengan tujuan pembersihan lahan kebun untuk persiapan menanam.

Karena kondisi Api yang semakin meluas, Danramil menginformasikan serta berkoordinasi dengan Kapolsek dan Camat tentang adanya pembakaran lahan kebun oleh masyarakat dimana Kobaran api dikhwatirkan akan menjalar ke pemukiman warga.

Sekitar pukul 18.35 WITA kendaraan Damkar Kabupaten Bolmong tiba di lokasi dan bersama Babinsa Babinkamtibmas dan Masyarakat langsung  melakukan  pemadaman di titik api khususnya yg mendekati pemukiman, Sedangkan titik api yg berada diperbukitan masih sulit dipadamkan karena kendaraan Damkar tidak bisa mendekati lokasi oleh karena tidak adanya akses jalan menuju perbukitan.

Baru sekita pukul 00.05 WITA api dapat dipadamkan, namun sekitar  4 Hektar lahan yang hangus terbakar.

Dari koordinasi unsur Forkopimcam langsung memerintahkan dan mengerahkan masyarakat untuk membantu proses pemadaman.

Hingga berita ini diturunkan, saat ini anggota Koramil, Polsek dan juga warga masih terus melakukan pemantauan di Lokasi tersebut, mengingat tiupan angin yang kuat dan dikhawatirkan memicu kembali terjadinya kebakaran.

Danramil 1303-09/ Bolaang, menghimbau pada masyarakat agar tidak lagi melakukan pembakaran lahan sembarangan, Jika memang harus membakar untuk membuka kebun untuk digarap, maka petani terlebih dulu harus membuat Sekat dibatas yang akan digarap, agar api tidak merambat kelahan lain, sehingga menyebabkan kebakaran meluas dan dapat membahayakan Pemukiman, karena itu hanya dibelakang kampung.

(R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *