POSYANDU KASTURI LAYANI CEK KESEHATAN BALITA & BUMIL.

Kuala Kapuas Bharindojakartaindonesia.com/- Posyandu Kasturi laksanakan kegiatan rutin, kali ini sebanyak 17 Balita dan 2 Ibu hamil (Bumil) mendapat pelayanan cek kesehatan dari petugas Posyandu, dan Tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas setempat.

Seperti biasa, Posyandu Kasturi mengadakan pelayanan kesehatan serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada Balita dan Bumil,

kegiatan yang bersifat rutin ini digelar untuk penanganan perbaikan gizi serta pengecekan kesehatan bagi anak Balita dan Bumil dilingkungan  RT 03 dan 06 Desa Pulau Telo Kec. Selat, Kuala Kapuas.

Disampaikan juga dalam setiap kegiatan rutin, kehadiran ibu ibu selalu bertambah, untuk mengunjungi Posyandu, dan ini menunjukkan kesadaran yang tinggi terhadap perkembangan anak yang tergolong masih Balita, “Ungkap kader Posyandu kasturi Ibu Zaleha, kepada awak media, Jum’at (11/08/2023).

Dalam penyampaiannya, ketua Posyandu Kasturi ini menuturkan,  setiap kegiatan rutin pihak petugas  Posyandu yang terdiri dari 5 orang kader itu masing masing berperan sesuai tupoksinya.

diantaranya, melakukan pendaftaran,   melakukan pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, dll.

Dalam hal ini, untuk melakukan pelayanan terhadap balita dipisahkan menjadi 2 bagian.

Pada anak Balita usia 1-3 tahun setelah penimbangan berat badan dilanjut dengan pelayanan imunisasi oleh petugas Nakes.

Khusus untuk balita usia 3-5 tahun dan habis masa imunisasinya hanya dilakukan penimbangan berat dan tinggi badan saja,

Dan untuk bumil pelayanan yang diberikan, disamping penimbangan berat badan juga dilakukan pemeriksaan kandungan, tekanan darah, kondisi payu dara, jantung dan juga paru paru.

Karena pemeriksaan kandungan merupakan kewajiban bagi Bumil sendiri, sehingga setiap kegiatan dalam agenda Posyandu hal tsb juga diperiksakan.

ARAHAN PETUGAS NAKES DAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) RUTIN.

Setelah pelayanan selesai, pihak petugas Tenaga Kesehatan UPT Puskesmas Pulau Telo, bersama sama anggota kader posyandu memberikan pengarahan tentang gizi kepada orang tua balita dan bumil yang hadir.

Arahan yang diberikan dari pihak petugas Nakes tsb, agar orang tua balita dapat selalu memperhatikan pertumbuhan anak,

terutama memberikan makanan yang berprotein, susu, sayur sayuran, buah buahan yang banyak mengandung gizi.

Kesemua itu untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak yang masih tergolong balita.

Demikian juga, dari pihak kader Posyandu berpesan agar ibu ibu proaktif menjaga anak dalam kesehariannya dan memberikan informasi ke petugas Posyandu.

Sehingga kondisi anak dapat terpantau pertumbuhannya.
Karena hal ini merupakan bentuk pantauan petugas kader  ,Posyandu terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak balita tsb, ” Ungkap Ibu Zaleha.

Disamping itu disaat kegiatan berlangsung, anak anak balita, dan semua pengunjung yang hadir  disuguhi Pemberian Makanan Tambahan (PMT), yang disajikan pihak ibu Kader, berupa susu, dan roti, buatan ibu kader sendiri.

Meskipun kegiatan Posyandu diadakan sebulan sekali namun tugas rutin dari ibu ibu kader tsb tetap konsisten dalam monitoring kerumah dan kediaman, baik balita maupun bumil, karena pelayan terhadap anak Balita, dan Bumil tsb merupakan kewajiban para kader yang ditunjuk oleh Pemdes setempat, sehingga diharapkan orang tua balita dan bumil agar tetap rutin mengikuti pelayanan di posyandu.

Pada kegiatan tsb, hadir ketua Tim penggerak PKK Desa Pulau Telo, Ibu Yulia, SE. M.Iwo Iyansyah, dan
Petugas Nakes, serta
Ketua Posyandu Kasturi, Ibu Zaleha dan Anggota Kader lainnya.

Kegiatan berakhir setelah pembagian
Door Prize, sejumlah alat kebutuhan memasak, dan rumah tangga berupa, wajan, panci, ember yang disediakan, masing masing alat sebanyak 5 buah, oleh pihak Posyandu Kasturi untuk ibu ibu balita dan bumil melalui di undi karena semua berhak mendapatkannya.

Dengan adanya Door Prize ini, Kader berharap dapat memotivasi ibu ibu agar supaya rajin membawa anaknya ke Posyandu, pada kegiatan Posyandu bulan berikutnya, ” Kata Ibu Kader Zaleha, mengakhiri.

Dmk (Ahza).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *