RANGKAIAN ACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE 78 DESAPALINGKAU ASRI DIMERIAHKAN HIBURAN KUDA LUMPING.

Kuala Kapuas, Bharindojakartaindonesia.com.

Puncak acara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun ini diberbagai daerah dimeriahkan dengan bermacam macam jenis kegiatan, ada kegiatan lomba, ada juga kegiatan bersifat hiburan dll.
Dan fenomena ini terjadi hampir disemua tempat lapisan masyarakat.

Namun pelaksanaan perayaan HUT RI tsb terkesan cukup meriah meskipun bermacam kegiatan yang disajikan sesuai kultur budaya dan keinginan masyarakat setempat.

Karena tujuannya kegiatan dimaksud, untuk menumbuhkan semangat patriotisme bagi masyarakat, terutama untuk kalangan generasi muda agar selalu cinta terhadap tanah air Indonesia.

Dengan tidak mengurangi semangat juang yang dirintis oleh para pendahulu kita, seyogyanya seluruh warga masyarakat tetap mengenang, menghargai jasa para pejuang dan pahlawan kusuma bangsa. Sehingga arti kegiatan itu sebagai manifestasi penghargaan yang diwujudkan dalam bentuk peringatan lahirnya HUT Kemerdekaan RI.

Hal ini tidak terkecuali juga peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 telah dilaksanakan Pemdes Palingkau Asri, Eks warga pemukiman Transmigrasi SP 1 Palingkau Asri, Kecamatan Kapuas Murung Kab. Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah

Kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023 dengan thema TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU, thema yang seragam secara nasional ini telah menghiasi berbagai daerah,

dimana tulisan thema tsb, banyak terpampang dan selalu menghiasi di berbagai kantor, instansi milik pemerintah, gedung maupun kantor kantor non pemerintah yang terlihat di sejumlah pemberitaan media massa, media elektronik (televisi), media cetak & online yang dipadukan dengan angka 78.

Untuk pertama kalinya dalam masa jabatan sebagai kepala desa, Bapak Busrowi, menyampaikan secara terpisah kepada awak media, “katanya Pemdes Palingkau Asri, Eks UPT Palingkau SP 1  Kec. Kapuas Murung, Kab. Kapuas, dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78,
pihaknya memaknai dengan rasa syukur atas peringatan tsb, sehingga meluapkan rasa kegembiraan itu dengan menyuguhkan hiburan kepada  warganya, “Ungkap Kades Busrowi, ketika dihubungi via seluler aplikasi WhatsApp, Sabtu (19/08/2023)

RANGKAIAN ACARA DIHIBUR DENGAN KESENIAN KUDA LUMPING.

Kegiatan yang digelar dari pagi hingga sore hari, juga disemarakkan dengan adanya fenomena para pelaku usaha dadakan yang menyajikan makan minuman siap saji di tepi jalan sambil menikmati hiburan kesenian kuda lumping yang  didatangkan dari Kecamatan Basarang, oleh panitia HUT Kemerdekaan RI Desa Palingkau Asri SP 1, Kec. Kapuas Murung, seperti di infokan Pak Kades Busrowi.

Dengan adanya kegiatan hiburan ini, warga masyarakat terpantau sangat antusias, mengingat saat pandemi Covid -19 sejak maret 2020, semua  kegiatan masyarakat yang bersifat umum dan terbuka dilarang di adakan.

Karena pelarangan Social Distancing (jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain) kepada warga masyarakat menyeluruh hingga ke pelosok desa.

Rangkaian acara sederhana namun cukup meriah itu dihadiri unsur Tripika Kecamatan Kapuas Murung, diantaranya Camat Kaouas Murung, Danramil 1011-06 Kapuas Murung, dan Kapolsek Wilayah Kapuas Murung,

Yang tak kalah penting juga, para tamu undangan dari berbagai perwakilan desa se Kecamatan  Kapuas Murung, dan hadirin, semua lapisan masyarakat Desa Palingkau Asri SP 1, serta sejumlah pengunjung yang khusus untuk menyaksikan pergelaran Kuda Lumping tsb.
Kegiatan hiburan Kuda Lumping  berakhir sore petang
Sabtu menjelang malam hari.

Dmk (Ahza).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *