Giat Bintahwil ‘Babinsa Koramil Kodim 1303-08 Bolaang Uki Bantu Warga Merontok Jagung.

Bolsel-Selasa,29/08/2023BharindoJakartaIndonesia.com/- Pendampingan aparat TNI pada masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan sudah menjadi bagian dari tugas yang diembankan oleh pimpinan institusi AD, diluar tugasnya sebagai prajurit yang menjaga kedaulatan NKRI. 

Tak hanya dibekali dengan kemampuan berperang, seorang prajurit TNI memiliki berbagai kemampuan yang juga mereka gunakan dalam pengabdiannya sebagai bagian dari masyarakat terutama membantu program-program pemerintah ataupun kegiatan-kegiatan yang bersentuhan dengan sosial kemasyarakatn.

Seperti yang lakukan Kopda T.M Hutapea, Anggota Koramil Kodim  1303-08 Bolaang UKI yang bertugas sebagai Babinsa ini, melaksanakan kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah (BINTAHWIL) di Desa Saibuah Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Sulawesi Utara Selasa, 29 Agustus 2023.

Kegiatan Bintahwil yang dilakukan oleh Kopda Hutapea yakni membantu masyarakat petani dalam yang ada di Desa Saibuah merontok hasil panen jagung menggunakan mesin rotok.

Dilahan milik Pak ‘Maspan Pua, Kopda ‘Hutapea membantu merontokkan jagung Jenis Jagung Bisi 18 mulai dari merontok jagung, memasukkannya kedalam karung,menjahit hingga mengangkat hasil panen ‘Pak Maspan sebanyak kurang lebih 2 Ton dengan dibantu empat orang warga lainnya.

Diketahui, tanaman jagung juga merupakan tanaman unggulan wilayah Bolaang Mongondow Raya, sehingga selaku Babinsa yang bertugas di wilayah binaan harus selalu sigap mendukung dan ikut mendampingi serta memberi semangat kepada warga dalam bidang pertanian khususnya Patani Jagung  disamping kegiatan pendampingan lainnya, yang dapat meberikan peluang dan keuntungan.

Kegiatan Bintahwil adalah merupakan kegiatan yang sudah menjadi tugas seorang Babinsa diwilayah binaan disamping memberikan suport atau edukasi kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya peran seorang Petani dalam menjaga kestabilan kebutuhan pangan.

(R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *