Kasdim 1303 Bolmong Memberikan Materi Pendidikan Bela Negara.

Kotamobagu-Kamis,07/09/2023- BharindoJakartaIndonesi.com/-  Kepala Staf Kodim 1303 Bolmong ‘Mayor Arh Achmad Janis, memberikan Pendidikan Materi bela Negara kepada  Masyarakat, Linmas, Pemuda dan perwakilan Siswa siswi SMA di Bolmong.

Kegiatan pemberian materi bela negara tersebut dilaksanaian Kamis, 7 September 2023 bertempat di BPU Desa Otam Barat Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow diikuti sejumlah warga Masyarakat Desa, Linmas, Pemuda dan para Siswa-siswi Pelajar.

Kegiatan tersebut bertemakan “Kita wujudkan Masyarakat dan generasi muda yang berwawasan kebangsaan sebagai pilar kekokohan bangsa menuju Pemilu 2024”

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris Daerah Pemkab Bolmong ‘Tahlis Galang, S.IP MM, Mayor Arh Acmad Janis Kasdim 1303/BM, Drs. Christovel Kamasaan Kaban Kesbangpol Bolmong, Camat Passi Barat ‘Liem Ginoga SP, Kepala Desa Otam Barat ‘Impa Ginoga, para Linmas, Pemuda Siswa dan Siswi Madrasah Aliah Raudatul Uluum serta Masyarakat Desa.

Kasdim 1303/BM dalam pemberian materi menyampaikan beberapa pokok tentang Bela Negara antara lain yang pertama adalah, awal terbentuknya Negara Indonesia  adalah masa terbentuknya Raja raja di setiap Wilayah atau perkumpulan Suku, yang terkenal dengan kekayaan alam dan subur.

Kemudian kedatangan kaum penjajah dari negeri bagian Barat, diantaranya Belanda, Portugis, Jepang dan lain-lain, dengan kedatangan kaum penjajah Para Raja dan Rakyatnya, karena merasa terancam, maka mereka melakukan perlawanan perang di Wilayah masing-masing, maka dalam jangka waktu yang panjang, karena setiap wilayah merasa senasib, maka Para Raja atau Pimpinan Wilayah merasa terpanggil dan mereka mulai bersatu melawan kaum penjajah.

Kemudian pada tahun 1908 Awal tercetusnya Perkumpulan para pemuda sampai dengan tahun 1928 melahirkan Sumpah Pemuda, Sampai dengan masa perjuangan kemerdekaan, dan Proklamasi hingga saat ini.

Untuk menghadapi ancaman Disintegrasi Bangsa dan ancaman ekstrim lainnya, maka sebagai warga negara terutama generasi muda harus mempunyai kesadaran Bela Negara, dengan semangat jiwa Pancasila, Sebagai generasi penerus bangsa kita semua harus menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, agar kita tidak mudah terpecah belah oleh berbagai isu.

(R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *