Ikuti Vicon Rakornis TMMD 118, Danrem Wijayakusuma : TMMD Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-Rakyat Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

BREBES-Bharindojakartaindonesia.com/— TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) akan segera dimulai, hal ini ditegaskan Asisten Teritorial Kasad (Aster Kasad) Mayjen TNI H. Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., yang juga selaku Pati Bidang Perencanaan PJO TMMD dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) dalam amanatnya membuka Rakornis TMMD 118 melalui video conference yang diikuti para pejabat Satkowil sejajaran TNI AD, Selasa, (12/9/2023) langsung dari Gedung A.H. Nasution Mabesad Jakarta Pusat.

Vicon Rakornis TMMD 118 juga diikuti Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han yang juga selaku Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan (PKP) TMMD 118 Korem 071/Wijayakusuma, beserta Forkopimda Brebes, di Makodim 0713/Brebes.

Aster Kasad Mayor Jenderal TNI H. Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., dalam amanatnya mengatakan, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bentuk sinergi lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemda dan komponen masyarakat, yang dilaksanakan secara gotong-royong untuk semakin menguatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Aster Kasad menegaskan,” tujuan Rakornis TMMD ini adalah untuk menyamakan persepsi penyelenggaraan TMMD, sekaligus sebagai sarana berkoordinasi secara langsung dengan staf PJO TMMD, Kementerian/LPNK serta Pemda, dengan harapan pelaksanaan TMMD ke-118 TA 2023 dapat berjalan baik dan lancar. Kegiatan yang mengusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” tersebut dilaksanakan secara serentak di 50 Kabupaten/Kota dengan sistem bottom up planning, dan meliputi sasaran fisik dan non fisik.

Sementara itu, Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Wahidah P., S.Sos, M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan TMMD ini dapat mengolaborasikan program pemerintah saat ini terkait penanganan dan percepatan penurunan angka stunting di seluruh wilayah Indonesia.

Selain membuka Rakornis tersebut, juga dilakukan evaluasi pelaksanaan TMMD ke-117, serta pemberian penghargaan kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-117, yang diikuti oleh 50 Dandim selaku Dansatgas TMMD, serta para insan media.

Untuk pemenang LKJ TMMD ke-117 Produk Media Elektronik Kategori Dansatgas, juara pertama diraih oleh Dandim 1507/Saumlaki, juara kedua diraih Dandim 0909/Kutai Timur, dan juara ketiga diraih Dandim 1611/Badung. Sedangkan pada Kategori Dansatgas untuk Produk Media Online/Cetak, juara pertama diraih Dandim 0803/Madiun, disusul Dandim 0801/Pacitan di posisi kedua, dan Dandim 0407/Kota Bengkulu di posisi ketiga.

Untuk Kategori Wartawan Media Elektronik, juara pertama diraih Defi  (TVRI Maluku) wilayah Kodim 1510/Sula, juara kedua diraih Edi S. (TV One) wilayah Kodim 0429/Lampung Timur, dan juara ketiga diraih Ema W (Inews Mataram) wilayah Kodim 1602/Lombok Tengah. Sedangkan Kategori Wartawan Media Online/Cetak, juara pertama diraih Tri Suryaningrum (HU. Duta) wilayah Kodim 0803/Madiun, juara kedua diraih Joko Wiyono (Times Indonesia) wilayah Kodim 0801/Pacitan, dan juara ketiga diraih Syakhrian Uzma N. (Eksisnews.com) wilayah Kodim 0207/Simalungun.

Sementara itu, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., mengatakan, TMMD adalah wujud nyata kemanunggalan TNI dengan Rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya khususnya diwilayah pedesaan, daerah kumuh, daerah terpencil, terisolir maupun wilayah yang terdampak bencana alam.

Menurutnya, TMMD 118 Kodim 0713/Brebes dalam progresnya akan melaksanakan kegiatan sasaran fisik berupa sasaran pokok Pembangunan Peningkatan Jalan : Rabat Beton Sand Sheet P. 135 M, L. 3,2 M Tbl. 0,15 M dan Rabat Beton Sand Sheet P. 560 M, L. 3,5 M, Tbl. 15 Cm, Pekerjaan Talud Jalan 2 Unit : Talud Jalan Ruas I P. 40 M  T. 2 – 4 M dan Talud Jalan Ruas II P. 255 M, T. 1 M, Pekerjaan Plat Deker 2 Unit : Plat Duicker Ruas I P. 4 M, L. 1,1 M, T. 0,50 M dan Plat Duicker Ruas II P. 4 M L. 1,1 M T. 0,50 M, adapun sasaran tambahan pengrerjaan Rehab RTLH sebanyak 5 Unit, masing-masing rumah Ibu Mar’ah, Dkh. Mlengseng I Rt. 02 Rw. 02 Desa Kaliloka, Kec. Sirampog Kab. Brebes, Bpk Muzayin, Dkh. Mlengseng II Rt. 03 Rw. 02 Desa Kaliloka, Kec. Sirampog Kab. Brebes, Bpk. Patudin, Dk. Kaliloka Rt. 05 Rw. 03 Desa Kaliloka, Kec. Sirampog Kab. Brebes, Ibu Wadonah, Dk. Kaliloka Rt. 05 Rw. 03 Desa Kaliloka, Kec. Sirampog Kab. Brebes dan Bpk. Waid, Dk. Kaliloka Rt. 05 Rw. 03 Desa Kaliloka, Kec. Sirampog Kab. Brebes.

Selain dari sasaran fisik juga akan dilaksanakan sasaran non fisik berupa pembangunan SDM khususnya masyarakat yang ada dilokasi kegiatan dengan melaksanakan berbagai kegiatan baik teori maupun praktek melalui penyuluhan-penyuluhan yang dapat membangkit masyarakat untuk membangun desanya lebih baik lagi.

Disamping itu, juga penanaman wawasan kebangsaan bagi masyarakat agar nasionalisme tetap terjaga dengan baik disetiap sanubari masyarakatnya.

Danrem juga berharap dalam pelaksanaan progresnya nanti, satgas dapat bersinergi dan  bekerjasama serta berkolaborasi bersama segenap komponen dan elemen masyarakatnya dalam mensukseskannya. Karena hal ini, selain untuk pemerataan pembangunan juga untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan terpenting untuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Diketahui, TMMD 118 yang akan dilaksanakan serentak diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma ini, TMMD Reguler yang dilaksanakan Kodim 0713/Brebes di Desa Kaliloka Kec. Sirampog Kab. Brebes pada tanggal 20 September s.d 19 Oktober 2023, sedangkan TMMD Sengkuyung dilaksanakan oleh delapan Kodim satuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

    (One/DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *