Komisi V DPR-RI Tinjau Pembangunan Insfrastruktur di Kawasan Wisata Dieng Banjarnegara

BANJARNEGARA – bharindojakartaundonesia.com/- Komisi V DPR-RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunfik) ke Kawasan Wisata Dieng Banjarnegara.
Jumat, (15/9/2023).

Rombongan Komisi V DPR-RI dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V, H Andi Iwan Darmawan Aras, SE,M.Si. Selain itu, hadir pula Ditjen Cipta Karya Kementrian PUPR dan Jawa Tengah.

Sementara selaku tuan rumah, Pj Bupati Tri Harso Widirahmanto didampingi para pejabat utama Pemkab Banjarnegara, Camat Batur, Kepala Desa Dieng Kulon dan pegiat wisata Dieng.

Andi Iwan Darmawan Aras, selaku ketua rombongan dalam kata sambutannya memeperkenalkan anggota yang hadir di Dieng, antara lain beberapa nama terkenal sperti Harvey Malaihollo, Novita Wijayanti, dan putra daerah Banjarnegara, Lasmi Indaryani.

“Kunjungan ini dalam rangka peninjauan pembangunan insfrastruktur dan transportasi di Dieng, sebagai Kawasan
Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” katanya.

Sementara itu PJ.Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan berpromosi kepada para anggota DPRD perihal potensi wisata di Dieng.

Tri Harso mengucapkan terima kasih karena pada tahun 2023 ini Dieng mendapatkan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk untuk penataan infrastruktur.
Dia sangat berharap dukungan para wakil rakyat di DPR-RI demi terwujudnya Destinasi Wisata Dataran Tinggi Dieng yang lebih tertata.

“Kawasan wisata Dieng memang belum bisa menyaingi Borobudur, tapi akan berusaha mengejar menjadi tujuan wisata favorit di Jawa Tengah,” ujarnya optimis.

Dalam Kunfik tersebut juga dipaparkan tentang progres pembangunan penataan Dieng oleh Kementrian PUPR, selaku mitra kerja Komisi V.

Dalam paparan yang dibawakan oleh Candra, mengemukakan, bahwa Dieng saat ini sedang dalam penataan oleh Kementerian PUPR. Anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus, dimana untuk Penataan infrastruktur dan transportasi di Dieng. sebesar Rp.101Milyar untuk lima titik kegiatan yaitu tiga titik di Kabupaten Banjarnegara meliputi Komplek Aswatama, Komplek Candi Dieng dan Komplek Kawah Sikidang, sebesar 64 M.
Sedangkan dua titik di Kabupaten Wonosobo yaitu di Telaga Warna dan Sikunir.

Dalam sesi diskuso, Novita Wijayanti, anggota komisi V dari partai Gerindra
menambahkan, komisi V selalu berusaha mendengarkan aspirasi rakyat di Jawa Tengah.

“Semoga akan lebih banyak program yang turun untuk kemajuan Jawa Tengah. Baik untuk jalan, air, dan fasilitas lain,” katanya.

Adapun Lasmi Indaryani dari partai Demokrat, optimis akses ke Banjarnegara dan Dieng kedepan akan semakin mudah, melalui Bandara Jenderal Soedirman dan akses yang semakin terbuka dari Pemalang dan Pekalongan.

“Dieng Banjarnegara ini kan letaknya di dalam, jauh dari stasiun kereta, juga jalur nasional.
Maka infrastruktur jalan dan sarana tranportasi sangat penting,” ungkapnya saat sesi diskusi.

Usai diskusi, rombongan komisi V DPR RI kemudian meninjau Candi Arjuna, dilanjutkan ke kawah Sikidang menggunakan Jeep.
Para tamu disambut tari rampak yakso, tarian khas dari Dieng.

 (ugl/mjp/awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *