Pelantikan dan Rakerwil DPW dan DPD SWI Sumsel Berlangsung Khidmad dan Meriah

Palembang –bharindojakartaidonesia.com/- Pelantikan dan Rakerwil DPW dan DPD Sekretariat Bersama Wartawan Indonesia (SWI)  Sumatera Selatan dilaksanakan di Hotel Batiqa Palembang, Sabtu (16/9/2023).

Turut hadir Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru Di wakili Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM Sekda Propinsi Sumsel Drs H Nelson Firdaus, DPP SWI Pusat Waketum Ali Nasrullah Ramadhan, Kepala Bidang OK Agus Prabowo dan Friyanto Desianto Kepala staf Sekretariat Jendral , ketua DPW SWI Sumsel Alex Pandawa Lima, Wakil Ketua I Hariyono SH, Kapolda Sumsel di wakili Kompol Imam Dirintel Polda Sumsel Humas Polda Darul Dan Aliudin, Kajati Sumsel di wakili Burnia SH, Akbar Alfaro mitra SWI Sumsel,Staf Ahli Gubernur Sumsel bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Propinsi Sumsel Drs Nelson Firdaus mengatakan, pelantikan DPW dan DPD SWI ini suatu wadah berkumpulnya para wartawan di Sumatera Selatan yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Wartawan Indonesia (SWI).

“Saya melihat acara ini berjalan baik. Karena ini saya dengar pelantikan yang ke-14 di seluruh Indonesia dari semua provinsi yang akan dilantik jadi kami berharap dan mendoakan agar SWI ini dapat semakin maju,” katanya.

Lebih lanjut Nelson menuturkan, pihaknya memberikan masukan kepada SWI Sumsel bahwa pada teman-teman para wartawan yang tergabung dalam SWI ini agar dan pemberitaan mematuhi kaidah-kaidah di jurnalistik.

“Karena berita yang disampaikan dan yang diterbitkan itu berdasarkan apa yang ada di lapangan dan kami harap independen,” tuturnya.

Ditempat yang sama, DPP SWI Pusat Waketum Ali Nasrullah Ramadhan mengatakan, atas nama organisasi dalam hal ini mewakili seluruh jajaran DPP yang hadir di Palembang pada tanggal 16 September 2023 dalam rangka menghadiri sekaligus  melantik dan membuka rakerwil SWI SeSumsel.

“Secara prinsip bahwa DPP itu memberikan apresiasi penuh dalam hal ini saya diamanatkan untuk memimpin langsung protokoler jalannya pelantikan dari mulai pembacaan naskah, pelantikan sampai dengan statement. Sehingga tadi saya menyampaikan bahwa SWI itu konsepnya ada dua yakni profesional dan sejahtera. Bagaimana profesional maka meningkatkan kompetensi kita sebagai wartawan. Kemudian bagaimana menjadi sejahtera yakni kita saling mendukung. Itu inti dari pesan DPP kepada DPW Sumatera Selatan dan DPD Sumatera Selatan yang hari ini sudah dilantik,” paparnya.

Lebih lanjut Ali menerangkan, bahwa SWI itu kedepan  harus punya program unggulan harus punya upgrading pribadi wartawan yang tergabung dalam SWI harus meningkatkan kompetensinya. “Jangan mandek di situ karena kami di pusat itu kami di pusat upgrade ingin menyampaikan suatu program untuk upgrading bagi wartawan muda kami fokus pada mengupgrade materi-materi wartawan atau jurnalistik pada anak-anak muda,” ucapnya.

Selain itu, sambung dia, pogram di pusat adalah coaching clinik yakni melakukan pelatihan dan pendidikan dan praktek bagaimana dasar jurnalistik bagaimana kreatif, bagaimana membuat konten. Karena sekarang ini sedang ngetren konten kreator di Indonesia. Bahkan konten kreator itu bisa memperoleh kesejahteraan.

“Karena kita kalau membuat konten kita ada income tambahan. Jadi wartawan SWI itu harus upgrade ke situ.Teori dasar dan praktiknya kita beri pelatihan berikut dan alat-alatnya,” tuturnya.

“Artinya hari ini alat-alat jurnalis jurnalistik itu sudah kekinian kemarin saya produksi kamera 360. Yang istilahnya sekarang sudah cukup booming tahun depan sudah menggunakan 360 di mana-mana jadi ini harus di-upgrade teman-teman di Sumatera Selatan dan seluruh Indonesia,” tambahnya.

Ali menambahkan, dia memberikan secara pribadi kepada pengurus SWI yang pertama agr melaksanakan kemitraan. Karena dengan bermitra terutama kepada Forkompinda maka akan membuka peluang kesejahteraan.

“Itu yang ingin saya sampaikan dan sebelum melaksanakan kemitraan kami dulu aspek legalitasnya melaporkan diri dulu. Melakukan audiensi lalu membuat program yang bagus baru kita sambung. Maka tadi saya bisikan ke staf ahli Gubernur agar SWI terus dikawal karena SWI akan masuk ke desa-desa untuk mengupgrade adik-adik kita karang taruna satu desa satu orang atau 2 orang untuk di kader menjadi tim humasnya desa. Karena di desa itu ada dana desa daripada teman-teman sibuk kita menggerakkan anak-anak saja menggerakkan adik-adik kita untuk membackup desanya dalam rangka publikasi desa. Apa saja yang bisa dipublikasikan di desa masing-masing pesan saya seperti itu,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPW SWI Sumsel Alex Pandawa Lima mengatakan, setelah pelantikan pihaknya akan mengadakan rakerwil untuk membahas program-program dan terus membentuk  DPD Sumatera Selatan.

“Karena ini baru terbentuk 4 DPD, kita akan bentuk semua DPD setiap kabupaten dan kota dengan membuat program-program untuk kebaikan di Sumatera Selatan dalam jangka panjang menengah dan jangka pendek,” ucapnya.

Wakil Ketua I yang juga Ketua Panitia Hariyono SH mengatakan, semua ini bisa tersebar semua karena teman-teman media. Pada hari ini tepatnya di hotel Batiqa tanggal 16 September 2023 hari ini sudah dilantik oleh pengurus pusat DPP pusat jadi SWI di Sumatera Selatan sudah resmi.

“Jadi kami ke depan termasuk jajaran pengurus, kami akan kami jalankan sesuai anggaran dasar (AD) anggaran rumah tangga¬† (ART) SWI.Semoga semua yang datang bisa mensupport kami mendoakan kami dan kami bisa secara sejajar dengan organisasi lainnya yang ada di Sumatera Selatan maupun di Indonesia,” tuturnya.

“Dari daerah yang sudah tercover itu ada 4 kabupaten. Dan sisanya yang lain masih menyusul karena kami sifatnya terlalu mendadak jadi baru 4 tapi semua yang layak insya Allah akan menyusul. Untuk DPD SWI yang dilantik yakni OKU Selatan, OKU Timur, Banyuasin dan OKI,” katanya.

“Harapan Kita ke depan SWI ini seperti arahan dari DPP, kita SWI terhadap organisasi lain kita bukan merupakan saingan tapi kita mitra mitra untuk saling kerjasama,” tandasnya.

Pewarta : Lily

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *