DPC Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Kabupaten Beltim Gelar Bakti Sosial Dan Pemotongan Tumpeng Untuk Memperingati Hut Ke-27 PTGMI

Manggar, Beltim – bharindojakartaindonesia.com/- Untuk memperingati Hari Ulang Tahun PTGMI ke-27, Dewan Pengurus Cabang Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Kabupaten Belitung Timur menggelar kegiatan Bakti Sosial bagi pelajar di Sekolah Pendidikan Luar Biasa Negeri Manggar, Senin (25/9/23).

Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi bersama, pemeriksaan gigi dan mulut, serta membagikan bingkisan bagi 128 pelajar berkebutuhan khusus dalam pelaksanaan Baksos tersebut.

Yeni Siswaty Ketua DPC PTGMI Kabupaten Beltim mengatakan,” Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian Terapis Gigi dan Mulut (TGM) kepada sesama. Hal ini sesuai dengan tema HUT PTGMI ke-27 yakni meningkatkan kepedulian kesehatan gigi dan mulut dalam mendukung transformasi kesehatan sebagai TGM Peduli TGM Berbakti,”.

Lebih lanjut  Kita ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa dalam upaya memelihara kesehatan gigi dan mulut secara dini. Tentunya di kemudian hari kegiatan ini dapat menjangkau lingkup yang lebih luas yakni seluruh masyarakat Kabupaten Beltim sehingga cita-cita PTGMI sebagai pengabdi masyarakat dapat terwujud.

“ Kegiatan ini melibatkan 22 orang pengurus dan anggota PTGMI Kabupaten Beltim, sekedar memeriksa gigi dan mulut. Untuk tindakan para pelajar yang ikut didampingi orang tua dapat membawa ke puskesmas terdekat. Dan Hasil dari pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut nanti kita berikan saran, kalau yang dianggap perlu bisa melakukan tindakan ke Puskesmas atau RSUD terdekat,” ujar Yeni Yeni yang didampingi Ketua Panitia Baksos Yuliatna.

Namun untuk kegiatan baksos tahun-tahun selanjutnya Yeni mengatakan tidak menutup kemungkinan akan melakukan kegiatan yang lebih luas menjangkau ke masyarakat. Selain itu pula akan melibatkan tenaga kesehatan lainnya seperti perawat dan fisioterapis.

“Kita ada rencana untuk pemeriksaan fisik bagi anak-anak yang memerlukan terapi lanjutan seperti terapi wicara terapi kaki tangan dan lainnya. Tidak menutup kemungkinan kalau sponsor atau dukungan pemerintah kita berikan bantuan bagi yang berkebutuhan khusus dan juga ke sekolah-sekolah lainnya,” ungkap Yeni.

Sementara itu Wakil Bupati Khairil Anwar menyatakan kesehatan gigi dan mulut sangat penting. Untuk itulah Pemkab Beltim sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PTGMI Kabupaten Beltim.

“Mulainya dari mulut, kalau kesehatan gigi dan mulut bermasalah maka akan merambat ke pencernaan dan lain-lain. Oleh sebab itu kita sangat mengapresiasi pemeriksaan dan semangat PTGMI untuk berbagi dengan sesama dalam rangka HUT ke-27 ini,” kata Khairil.

Khairil pun menghimbau agar kegiatan pemeriksaan mulut dan gigi seperti ini dapat rutin dilaksanakan. Bukan hanya untuk pelajar PLB saja namun juga menjangkau ke sekolah-sekolah lainnya atau pun masyarakat umum secara luas.

“Kalau bisa rutin, bisa tiga bulan atau 6 bulan sekali. Bisa ke sekolah atau instansi pemerintah dan juga tempat-tempat keramaian masyarakat sehingga lebih banyak masyarakat yang mendapatkan pelayanan dan kepedulian PTGMI,” harap Khairil.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Beltim Fezzi Uktolseja, Kapolres Beltim AKBP. Arif Kurniatan, pimpinan OPD, Direktur RSUD Beltim, kepala Puskesmas serta para orang tua siswa. Dan selain baksos juga  ada pemotongan tumpeng  tanda peringatan HUT puncak HUT PTMI ke-27. Para pelajar PLB ikut memberikan pertunjukan seni dan tari bagi undangan yang hadir.

(TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *