Ringankan Kebutuhan Pokok Masyarakat, Korem Wijayakusuma Gelar Bazar Sembako Murah

Banyumas — bharindojakartaindonesia.com/- Korem 071/Wijayakusuma dalam rangka memperingati HUT Ke-78 TNI menggelar Bazar Murah sembilan bahan kebutuhan pokok masyarakat. Jumat, (29/9/2023).

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., saat membuka Bazar Sembako murah di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas mengatakan, bazar murah kebutuhan pokok masyarakat ini dalam rangka untuk memperingati HUT ke-78 TNI yang bertujuan untuk membantu meringankan masyarakat akan kebutuhan pokok terutama sembilan bahan pokoknya, tidak hanya itu, Danrem juga menyampaikan kegiatan bazar sembako murah tersebut akan digelar secara rutin dan kontinyu dalam setiap minggunya.

“Bazar Sembako murah ini, diselenggarakan Korem 071/Wijayakusuma bekerjasama dengan Warkopin Banyumas, sebagai bentuk kepedulian TNI dalam hal ini Korem 071/Wijayakusuma untuk membantu meringankan beban masyarakat akan kebutuhan pokoknya.
Hal ini, mengingat tingginya beberapa kebutuhan pokok masyarakat saat ini dipasaran.
Karenanya, dengan bazar sembako murah yang kita laksanakan ini, setidaknya masyarakat akan mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau guna memenuhi kebutuhan pokoknya, dalam kegiatan ini disediakan 1.250 Kuota dibagi menjadi 4 desa, yaitu Desa Pliken, Bojongsari, Kembaran dan Desa Karangsari, dan kegiatan ini akan rutin digelar secara kontinyu setiap minggu”, katanya.

Menurut Danrem pula, bazar sembako murah selain untuk membantu meringankan beban kebutuhan masyarakatnya, juga sebagai wahana komunikasi sosial mempererat hubungan dengan masyarakat agar terjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat diwilayah.

“Bazar sembako murah ini juga untuk memendekkan jalur perekonomian warga masyarakat yang tadinya siklus perekonomian yang panjang untuk mendapatkan sembako murah, dengan adanya bazar sembako murah ini menjadi pendek jalurnya sehingga masyarakat bisa langsung menuju produsennya atau petaninya, sehingga tidak akan menyita waktu dan lain sebagainya.
Menilik hal itu, kita bantu dan kita dekatkan serta kita efektifkan waktunya, sehingga masyarakat bisa beraktifitas lainnya dan bisa mendapatkan sembako yang murah”, paparnya.

Danrem juga mengatakan, kegiatan ini dilakukan bersama dengan badan-badan dan instansi lain seperti Bulog dan UMKM masyarakat yang memproduksi barang-barang sembako dan sebagainya, yang kemudian dihimpun dan didekatkan kepada masyarakat, sehingga harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasaran di luar.

“Terkait harga, bisa dicek dan dibandingkan dengan harga di pasaran.
Karena kita sudah berkomitmen, apabila harga masih sama dengan warung atau toko yang ada, berarti belum murah.
Namun bila ada selisih dimana harganya di bazar ini lebih murah mungkin itulah hal yang bisa membuat program ini menjadi lain dengan yang lain”, terangnya.

“Program ini merupakan program yang baru dan akan terus dilaksanakan, sementara akan dilakukan di empat titik Desa, dan kita apabila ini berhasil, dan masyarakat sangat antusias menyambut baik program ini, maka kita akankita akan perluas lagi ke wilayah lain”, lanjutnya.

Kolonel Mohammad Andhy Kusuma juga menegaskan, bazar sembako murah ini nantinya juga akan diperluas programnya tidak hanya di wilayah Banyumas saja, apabila berhasil akan dilaksanakan di luar wilayah Banyumas seperti di wilayah Cilacap, Purbalingga dan seterusnya yang masih berada diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Pada kesempatan yang sama, Danrem menyampaikan dalam rangka memperingati HUT Ke-78 TNI, Korem 071/Wijayakusuma akan melaksanakan beberapa kegiatan yang salah satunya bazar sembako murah ini, dimana filosofi atau tujuan daripada kegiatan itu adalah untuk membuat ikatan antara TNI dengan Rakyat semakin kuat.

“Ikatan erat TNI dan rakyat merupakan modal yang kuat untuk melaksanakan tugas dalam rangka kita membela NKRI. NKRI dibela tidak hanya oleh pertempuran fisik atau kegiatan fisik, melainkan juga banyak kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya bukan fisik saja, namun juga rasa cinta kita, rasa kita ingin membela negara kita dengan kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan sehari-hari dimana kita selalu menempatkan negara kita atau kepentingan keamanan negara kita menjadi prioritas”, jelasnya.

Menurutnya, praktek dalam kegiatan sehari-hari adalah bekerja yang terbaik sesuai profesi masing-masing. Itulah salah satu wujud kita dalam bela negara. Karena dengan adanya ketahanan masyarakat  terkecil ditingkat keluarga, RT, RW, dan Desa

Sementara itu, perwakilan dari Warkopin Banyumas Bapak Dedi Mulyono berharap bahwa dalam mewujudkan silaturahmi antara TNI dan masyarakat, terutama di HUT ke-78 TNI, dimana salah satu tugas Pokok militer tentang ketahanan pangan berharap agar benar-benar dapat memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat.

“Kita ketahui bahwa saat ini beras harganya melambung tinggi, disamping itu kita memasuki musim panas berkepanjangan dan gagal panen dibanyak tempat sehingga beras harganya luar biasa sekali, dan hal ini menjadi perhatian Korem 071/Wijaya kusuma, sehingga kami berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial, tapi tetap berkelanjutan dan harganya tetap sama, karena kemungkinan besar melihat musim panas yang berkepanjangan mungkin sampai januari jadi diharapkan memang betul-betul membantu masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Pliken Bapak Harjito, SH juga menyapaikan banyak berterimakasih atas program sosial yang ditujukan kepada Desa Pliken, sehingga warga sangat terbantu dengan adanya kegiatan bazar sembako murah tersebut.

“Kami mengucapkan banyak-banyak terimaksaih kepada para pihak yang telah membantu kami dengan melaksanakan kegiatan bazar sembako murah dilingkungan kami, warga sangat antusias dengan program ini, terbukti kupon Bazar Sembako Murah ataupun dengan aplikasi langsung habis, kami masyarakat Pliken hanya bisa mendo’akan untuk program yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-78 TNI dalam bentuk bazar sembako murah, semoga memberikan keberkahan pada warga masyarakat,ā€¯ungkapnya.

     (DD/One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *