Kesaktian Pancasila Pj Gubernur Jateng, Minta Generasi Muda Rawat dan Jaga Ideologi Pancasila  

SEMARANG –bharindojakartaindonesia.com/- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berpesan kepada generasi muda untuk merawat dan menjaga ideologi Pancasila. Mengingat, negara Indonesia merupakan negara majemuk, dengan ribuan pulau, beberapa agama, beraneka suku serta golongan, dan lainnya.

“Dengan lima sila ini, kami yakini negara kita akan maju. Apalagi, kita sudah menargetkan di tahun 2045 kita akan jadi salah satu negara yang akan masuk di lima besar negara maju di dunia.

Sekali lagi, pesan kami kepada generasi muda, kita harus merawat, kita harus menjaga, kita tegakkan Pancasila, ideologi Pancasila ini,” kata Nana, seusai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023, di Halaman Kantor Gubernur Jateng. Minggu,
(1/10/2023).

Ditambahkan, pentingnya merawat ideologi Pancasila tak lepas dari adanya potensi rongrongan kelompok tertentu yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, dengan merawat ideologi Pancasila, maka ke depan Indonesia akan semakin maju, seperti tema peringatan tahun ini yaitu Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.

Pada momen itu, Nana mengajak masyarakat mengenang dan mendoakan para pahlawan yang telah gugur, khususnya para pahlawan revolusi dalam rangka membela, menjaga, dan menegakkan ideologi negara kesatuan RI Pancasila.

Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, menurut Nana, juga sangat baik untuk menyatukan masyarakat Indonesia.

Apalagi pada tahun ini merupakan tahun politik, di mana dalam waktu dekat akan diadakan pesta demokrasi rakyat, yaitu Pemilu, dan Pemilukada.

Diharapkan dengan masyarakat menjaga persatuan saat memilih para calon pemimpin, maka akan terpilih sosok pemimpin yang bisa membawa Indonesia lebih maju.

“Kita harapkan rasa kesatuan dan persatuan kita utamakan.
Sehingga kita tidak terpolarisasi.
Silakan kita pilih yang terbaik untuk mencari pemimpin yang akan membawa negara kita ke depan lebih maju,” harap Pj Gubernur.

Dalam kesempatan itu, Nana juga menyerahkan secara simbolik tanda kehormatan bagi PNS berupa Satya Lencana Karya Satya, sebagai bentuk penghargaan atas kesetiaan, pengabdian, kejujuran, kecakapan, serta kedisiplinan dalam melaksanakan tugasnya. Serta telah bekerja secara terus menerus dalam kurun waktu sekurang-kurangnya 10 tahun, 20 tahun, hingga 30 tahun.

Nana juga memberikan penghargaan kepada Much Reza A Habibi peraih medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika jenjang SD, Raisa Adrian Putra Permana peraih emas karate di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMP. Rifqi Faizulhaq peraih emas Cipta Baca Puisi FLS2N dan O2SN cabang catur. Selain itu, Yoseph Satria peraih emas cabang renang di ajang 02SN, tingkat SMA dan Dhea Kurnia Yulita peraih medali emas di ajang O2SN jenjang SMK cabang atletik.

      (qo/ak/awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *