Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Samrat 2023-2024 Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024

Bharindojakartaindonesia.com/- Bitung-
Pada Selasa, 17 Oktober 2023, pukul 08.10 Wita, di Lapangan Apel Polres Bitung, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Samrat 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2024. Apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Bitung, AKBP Tommy Bambang Souisa, S.I.K.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain:

    Mewakili Dan Satrol Lantamal VIII Bitung Letkol Laut (P) Nur Subagio.
Mewakili Dandim 1310/Bitung Kasdim Mayor Inf. Nofry Pratasik, S.I.P.
Mewakili Danyon Marhanlan VIII Bitung Letda Mar. Suban.
Mewakili Kajari Bitung Arif Salasa, S.H.
Dan Subden POM Bitung XIII/1-2 Bitung Kapten CPM. Sunarto.
Kanan Kesbangpol Pemkot Bitung Drs. Oktavianus Tumundo, M.Si.
Ketua Bawaslu Deby Londok, S.E.
Komisioner KPU Kota Bitung Yunoy Rawung.
Ketua MUI Kota Bitung Dra. KH. Abdurachman Kaluku.
Kepala TBBM Pertamina Bitung Rudy Mahendra.
Kepala BPBD Fivy Kadeke, S.E.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung Pitter Lumingkewas.
12 Perwakilan Partai Politik.

Susunan peserta apel melibatkan berbagai unit, seperti:

    1 Peleton Perwira Polres Bitung.
1 Peleton Gabungan Sub Den Pom Bitung dan Provos Polres Bitung.
1 Peleton Kodim 1310/Bitung.
1 Peleton Satrol Lantamal VIII Bitung.
1 Peleton Marinir Lantamal VIII Bitung.
1 Peleton Sat Samapta Polres Bitung.
1 Peleton Sat Lantas Polres Bitung.
1 Peleton Gabungan Polsek Jajaran Polres Bitung.
1 Peleton Gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Bitung.
1 Peleton Gabungan Sat Pol-PP dan Dinas Perhubungan Pemkot Bitung.
1 Peleton Senkom Bitung.
1 Peleton BPBD Pemkot Bitung.

Susunan acara dalam apel tersebut adalah sebagai berikut:

a. Kapolres Bitung selaku Pimpinan Apel tiba di Lapangan Apel.

b. Penghormatan Pasukan kepada Pimpinan Apel.

c. Laporan Komandan Apel kepada Pimpinan Apel.

d. Penyematan Pita Tanda Operasi.

e. Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibacakan oleh Pemimpin Apel. Dalam amanat tersebut, Kepala Kepolisian Republik Indonesia menyampaikan informasi penting terkait operasi pengamanan Pemilu 2024.

f. Doa.

g. Laporan Komandan Apel kepada Pimpinan Apel.

h. Penghormatan Pasukan kepada Pimpinan Apel.

i. Pemimpin Apel meninggalkan Lapangan Apel.

j. Apel Gelar Pasukan selesai.

Rangkaian kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Samrat 2023-2024 berakhir pada pukul 08.45 Wita dan berlangsung dengan baik serta kondisi situasi terkendali. Pada acara ini, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia menyampaikan amanat yang memuat berbagai informasi kunci terkait Operasi Mantap Brata Samrat 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu 2024. Dalam amanat tersebut, beberapa poin penting disoroti, termasuk:

    Makna Penting Operasi Mantap Brata Samrat 2023-2024: Kepolisian menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan tahap akhir pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana dalam rangka menjaga keamanan selama Pemilu 2024. Operasi Mantap Brata bertujuan untuk memastikan Pemilu berlangsung aman dan lancar.

    Pemilu 2024 sebagai Pesta Demokrasi: Pemilu 2024 dianggap sebagai pesta demokrasi terbesar yang akan menentukan masa depan bangsa. Presiden Joko Widodo juga menggarisbawahi pentingnya tahun 2024 sebagai momen politik yang sangat penting.

    Kompleksitas Pemilu 2024: Operasi Mantap Brata Samrat 2023-2024 dilakukan untuk mengamankan Pemilu yang memiliki kompleksitas tersendiri, termasuk pelaksanaan secara serentak dalam wilayah yang luas, geografis yang beragam, dan jumlah pemilih yang besar.

    Pola Pengamanan: Polri telah membentuk pola pengamanan sistem Wilayah atau Zonasi untuk Personel Korps Brimob Polri dan Dalmas Nusantara, serta menyiapkan personel Brimob dan Dalmas Nusantara yang siap di mobilisasi ke seluruh wilayah Indonesia.

Operasi Nusantara Cooling System: Operasi ini bertujuan untuk mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehouse of falsehood, dan black campaign. Ini dilengkapi dengan satgas anti money politics serta Satgas Pemilu damai.

    Command Center: Sebagai pusat kendali, koordinasi, komunikasi, dan informasi, Command Center akan didukung oleh Mabes Polri sampai dengan Polda Jajaran. Hal ini akan memungkinkan integrasi data dan informasi serta koordinasi yang efektif.

    Komunikasi Publik: Polri akan menguatkan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mereka mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan menjaga stabilitas kamtibmas.

    Indeks Kerawanan Pemilu: Terdapat provinsi dan kabupaten/kota yang masuk dalam kategori kerawanan tinggi, dan langkah antisipasi harus diambil. Untuk wilayah lain, persiapan pengamanan tetap diperlukan.

    Penanganan Konflik Sosial: Mapping potensi konflik sosial harus dilakukan secara detail, dan penyelesaian potensi konflik harus mencakup akar masalah.

    Penanganan Bencana Alam: Koordinasi dengan berbagai pihak harus dilakukan untuk memetakan daerah rawan bencana dan mempersiapkan rencana antisipasi.

    Tindak Pidana Pemilu: Koordinasi dan kolaborasi antar Pilar Sentra Gakkumdu harus dilakukan untuk menangani pelanggaran dan tindak pidana pemilu secara profesional dan transparan.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia juga menekankan beberapa poin penting yang harus dipedomani oleh seluruh personel yang terlibat dalam operasi pengamanan:

    Keimanan dan Ketakwaan: Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.
Kesiapan Perlengkapan: Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras, dan fasilitas penunjang lainnya.
Pengamanan dengan Tanggung Jawab dan Profesional: Lakukan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan Buddy System.
Pengawasan Pimpinan: Pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing.
Pengaturan Jadwal Pengamanan: Lakukan pengaturan jadwal pengamanan agar kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima.
Komunikasi Publik dan Sinergitas: Kedepankan komunikasi publik dan sinergitas antar seluruh Personel Pengamanan serta Stakeholder terkait.

Pesan akhir dalam amanat adalah ungkapan terima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh personel yang terlibat, dengan harapan bersama mereka dapat menjaga keamanan selama Pemilu 2024 dan mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 yang dicita-citakan bersama. Kemudian, setelah amanat disampaikan, acara dilanjutkan dengan doa sebagai ungkapan harapan untuk kelancaran operasi pengamanan dan keselamatan seluruh personel yang terlibat.

Selanjutnya, Komandan Apel melaporkan keberhasilan acara kepada Pimpinan Apel, menekankan kelancaran pelaksanaan dan kesiapan pasukan yang terlibat dalam operasi.

Pasukan kemudian memberikan penghormatan kepada Pimpinan Apel sebagai tanda penghargaan atas arahan dan dukungan yang telah diberikan.

Setelah semua rangkaian acara selesai, Pemimpin Apel meninggalkan Lapangan Apel, menandai berakhirnya Apel Gelar Pasukan.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Samrat 2023-2024 berlangsung dengan baik dan lancar, serta situasi terkendali, memberikan keyakinan bahwa persiapan pengamanan Pemilu 2024 telah dilakukan dengan serius dan profesional oleh seluruh pihak yang terlibat dalam operasi ini. Semoga operasi ini dapat sukses dalam menjaga keamanan dan lancarnya pelaksanaan Pemilu 2024, serta berkontribusi pada terwujudnya visi Indonesia Emas 2045.

(Humas/Murry.k)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *