Para Kepala Desa Se-Kabupaten Beltim Harus Terus Berkreasi Dan Berinovasi Membangun Desa Pesan Wamen Paiman

Manggar, Beltim –bharindojakartaindonesia.com/-  Dalam rangka memenuhi undangan dari Pemerintahan Kabupaten Belitung Timur, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Prof. Dr. Paiman Raharjo melakukan kunjungan dan memberikan pembinaan serta berdialog dengan para Kepala Desa dan perangkat desa se-Kabupaten Beltim, Sabtu (21/1023).

Dalam memberikan pembinaan, Paiman menekankan agar para kepala desa dapat terus berkreasi dan berinovasi untuk membangun desa. Namun tentu saja harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Kepala Desa harus pandai membuat program prioritas yang sesuai dengan lingkup alokasi anggaran masing-masing. Misalnya Dana Desa, ajukan sesuai itu jangan menyalahi kewenangan, ketentuan dan aturan yang ada,” ujar Wamen Paiman.

Untuk kreatifitas kades, Paiman juga menekankan hal yang sama. Walaupun kreatifitas itu bagus, kalau bertentangan dengan aturan tidak boleh dilakukan.

“Pertama sesuaikan dengan kewenangan desa. Lalu sesuaikan dengan aturan dan kondisi objektif,” kata Paiman.

Wamen yang didampingi Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Sugito pun berpesan agar Pemerintah Desa dapat selalu berpegang pada regulasi dan kebijakan dalam menerapkan inovasi dan kreatifitas di desa.

“Desa harus punya data pokok masalah apa yang ada. Terus potensi apa yang perlu dikembangkan. Kreatifitas dan inovasi harus ada, namun jangan sampai nabrak aturan,” tambah Sugito.

Dilokasi ini juga usai berdialog, rombongan Wamen melihat pameran UMKM Desa dan meninjau Water Boom. Dilanjutan dengan menikmati makan siang bedulang di pondok-pondok yang ada di Water Boom Desa Mekar Jaya.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau hasil pembangunan dari anggaran Dana Desa di Desa Lalang Jaya Kecamatan Manggar, tepatnya di Kandang Ayam BUM Desa Sedulang Jaya.

(TIM)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *