Dandim 1303/Bolmong Pimpin Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Kodim 1303/BM Tahun 2023.

Bolaang Mongndow- BharindoJakartaIndonesia.com/- Komandan Komando Disterik Militer 1303/Bolaang Mongondow, Letkol Infanteri Topan Angker, S.Sos, memimpin pelaksanaan kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana Kodim 1303/Bolmong tahun 2023.

Kegiatan yang di ikuti kurang lebih 50 orang peserta tersebut dilaksanakan bertempat di Aula Totabuan Kodim 1303/BM Kel.Kotamobagu Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu, Selasa 24 Okt 2023.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Letkol Inf Topan Angker, S.Sos (Dandim 1303/BM dan diikuti pula oleh Lettu Inf Bustoming Toluhu (Pasi Ter), Andirma Jhura S.A.P (Analis pemberdayaan masyarakat BPBD), Virna Mika Mokodompit S.P.W.K (Analis pengurangan Resiko bencana BPBD)

Dalam penyampaian sambutannya,
Letkol Inf Topan Angker, S.Sos mengucapkan Assalamualaikum Wr WB..
Syalom, Salam sejahtera untuk kita semua..
Om Swasty astu..

‘Yang saya hormati Pasiter dan Anggota Staf Kodim 1303/BM,, yang saya hormati Pemateri dari BPBD Kota Kotamobagu tentang kesiap siagaan dalam menghadapi penanggulangan bencana alam, yang saya hormati para peserta sosialisasi kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana tahun 2023 yang telah hadir ditempat ini.

“Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa, karena atas seijin- nyalah kita masih diberi kesempatan, kesehatan dan kekuatan sehingga kita masih dapat hadir ditempat ini.

Kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana adalah suatu wujud kepedulian TNI AD kepada masyarakat dengan bertujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam, sekaligus melakukan antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian yg akan ditimbulkan bila terjadi Bencana Alam, hal ini sesuai dengan UU No.34 tahun 2004 pasal 7 ayat  2 Ttg tugas TNI dalam Operasi militer selain perang (OMSP) yaitu membantu pemerintah Daerah dalam menanggulangi bencana alam.

Indonesia termasuk 35 Negara yang paling rawan resiko bencana alam di dunia serta hampir setiap hari ada bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah negara kita dan kerugiannya sangat besar, baik korban personel maupun kerugian materil, oleh Karena itu, perlu adanya tindakan yang harus dilakukan melalui pencegahan dalam penanggulangan bencana alam secar terpadu dan secara sistematis.

Kita tahu ada beberapa jenis bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus memang tidak bisa dicegah, namun ada beberapa jenis bencana alam yang bisa dicegah antara lain, bencana banjir bisa dicegah dengan penghijawan atau kesadaran tidak membuang sampah sembarangan, juga bencana tanah longsor bisa dicegah dengan tidak menebang pohon secara liar serta pencegahan kebakaran hutan.

Dalam penanganan pencegahan dan penanggulangan bencana alam maka perlu adanya kesiap siagaan pemeraan kerawanan bencana yg ada diwilayah serta sinergitas dari seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait dalam Pelaksanaanya dilapangan.

Maka untuk itu juga kami berharap adanya komitmen dan kesadaran dari semua pihak agar peduli terhadap lingkungan karena kelestarian alam menjadi tanggung jawab kita semua yang akan kita tinggalkan untuk generasi¬† yang akan datang, lakukan tindakan preventif atau pencegahan sejak dini dan sosialisasikan dilingkungan tempat kita berada, semoga bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat yang berada di Daerah rawan bencana.’Pesan Topan Angker.

Lewat kesempatan ini, kami juga mengucapkan terimakasih kami kepada Pemateri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Kota Kotamobagu dan juga kepada para peserta yang telah hadir pada saat ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan Rahmat dn petunjuknya kepada kita semua dlm pengabdian kita kepada Bangsa dn Negara dn dijauhkan dari segala Bala dn Bencana.

“Tetap semangat, jaga sinergitas dalam menjaga keamanan dan kebersamaan.”
Mari kita wujudkan Bangsa yg tangguh terhadap bencana, “TNI adalah kita”
Wassalamu’alaikum Wr WB, Syaloom.
Salam sejahtera bagi kita semua.
Om Santi Santi santi Om.’Tutup Dandim 1303 Bolmong.

(R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *