Kodim 0704 Banjarnegara Giatkan Penanaman Pohon dan Pembersihan Pasar dalam Antisipasi Perubahan Iklim

Banjarnegara  — Bharindojakartaindonesia.com/- Dandim 0704/Banjarnegara Letkol CZI Teguh Prasetyanto, ST. turun langsung kelapangan mengikuti kegiatan.
Dalam upaya menghadapi perubahan iklim dan mencegah timbulnya penyakit, Kodim 0704 Banjarnegara secara serentak melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk penanaman pohon, pembersihan pasar buah dan pasar sayur, serta selokan air di wilayah Kecamatan Banjarnegara Kamis, (7/12/2023).

Dandim Banjarnegara menyampaikan,” kegiatan ini merupakan respons terhadap perubahan musim, terutama dalam musim penghujan, sekaligus menindaklanjuti perintah dari Bapak Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.
Kodim 0704 Banjarnegara bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat dan melibatkan partisipasi masyarakat dalam membersihkan dua pasar, yaitu pasar salak dan pasar sayur. Pembersihan dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah munculnya wabah penyakit yang diakibatkan berkembangnya nyamuk , terutama demam berdarah.
Selain itu, selokan air juga dibersihkan guna mencegah banjir dan kelancaran aliran air”, jelasnya.

“Pohon ditanam di area yang rawan longsor dan di pinggir jalan yang berpotensi longsor sebagai upaya mitigasi bencana,” tambahnya.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, wilayah Kodim 0704 Banjarnegara dapat terhindar dari bencana alam dan wabah penyakit, khususnya demam berdarah. Masyarakat diimbau untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan.

Sementara itu, Camat Banjarnegara, Sonhaji, menyampaikan dukungan penuh dari Pemerintah Kecamatan terhadap kegiatan ini. “Penanaman pohon sebagai penahan dan pengikat tanah sangat penting untuk mencegah longsor, terutama dalam menghadapi perubahan iklim.
Kami sangat mendukung program Kodim 0704 Banjarnegara untuk kepentingan warga,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kodim 0704 Banjarnegara, pemerintah kecamatan, Polri, dan masyarakat, sebagai wujud sinergi dalam menjaga lingkungan dan keamanan wilayah

    (Pen/ugl/One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *