Meriahnya Perayaan HUT RI ke-78 dengan Pertunjukan : Tari, Kolosal, dan Ketoprak Sebagai Nguri-Nguri Budaya Bangsa

Rabu, 30 Agustus 2023-  BANJARNEGARA –Bharindojakartaindonesia.com/- Dalam Suasana penuh semangat menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, panitia menggelar pentas seni, menghadirkan  pertunjukan seni tari, drama kolosal perjuangan dan juga ketoprak, yang menggugah jiwa patriotisme dan kecintaan pada budaya.
Pertunjukan spektakuler bertajuk “Dirgahayu HUT- RI ke- 78 RT02/RW05 timur pasar krandegan Banjarnegara terus melaju untuk indonesia maju” menjadi tema utama, menjadikan perayaan kali ini semakin istimewa dan meriah.
Selasa, (29/8/2023) malam.

Sementara itu, Lurah Krandegan Nurul huda dalam sambutannya mengatakan,” Sangat mengapresiasi kegiatan tersebut walaupun di tingkat rt tapi cukup meriah, dan juga prestasi-prestasi yang menonjol di peroleh rt02/rw05 mendapatkan lomba juara satu kemarin,


Dan tidak lupa pula dalam sambutannya tersebut, apa bila warga rt02/rw05 timur pasar (timpas) Kelurahan kradegan di musim kemarau ini, ada yang kekurangan air segera kordinasi pihak kelurahan,”
ungkapnya

Pentas seni tari yang digelar adik-adik timur pasar ini, sebuah seni tari yang telah berdedikasi dalam melestarikan dan mempromosikan dan nguri-nguri kebudayaan Bangsa Indonesia.
dan juga penampilan para ibu-ibu qosidah, drama kolosal perjuangan dari para pemuda timpas.
Pertunjukan malam ini, menampilkan kombinasi harmonis antara seni karawitan (gamelan) dan Ketoprak, yang telah menjadi bagian penting dari warisan Budaya Bangsa.

Berbagai tokoh penting dari lingkungan setempat turut meramaikan acara ini, seperti pak rt sebagai Arya Penangsang dalam peran ketopraknya.

Bukan hanya sekadar hiburan, pertunjukan Ketoprak ini mengandung nilai-nilai budaya yang mendalam.
Dengan sentuhan artistik dan kreatifitas yang unik, para pemain mampu menghidupkan cerita-cerita klasik dalam sebuah tampilan yang segar dan menghibur.
Ini adalah bentuk upaya konkret dalam menumbuhkan kembali semangat dan cinta pada budaya, yang dalam hal ini adalah kesenian, yang ada di timur pasar.

Pertunjukan yang digelar malam ini pun, turut dihadiri oleh Lurah kradegan Nurul huda, matan Lurah Darmaji, angonta polsek, koramil, dan dukungan semua pihak juga kehadiran mereka menggambarkan betapa pentingnya upaya menjaga dan menghidupkan kembali warisan budaya kita.

Kemeriahan dan semangat dalam acara ini, adalah cerminan dari semangat Indonesia yang terus Berjuang maju.
Melalui seni dan budaya, kita mengingatkan diri kita akan akar-akar dan nilai-nilai yang membentuk identitas Bangsa, serta nilai-nila panca sila dalam kehidupan Bermasyarakat.

Semoga upaya seperti ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk menjaga serta menghargai warisan budaya yang ada di indonesia yang kita miliki.

     (One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *