Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2024, Upaya Turunkan Angka Lakalalin

2 Maret 2024)
Bharindojakartaindonesia.com/- Banjarnegara — Penjabat Bupati Banjarnegara Tri Haraso Widirahamto, SH memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas tahun 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan
Sabtu, (2/3/2024). di alun-alun Banjarnegara.

Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi TAhun 2024 turut dihadiri Dandim 0704 Banjarnegara, Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Wakapolres Banjarnegara, para PJU Polres Banjarnegara, Para kepala, Ketua dan pimpinan kantor dinas instansi terkait, para perwira, brigadir, dan ASN Polres Banjarnegara.

Peserta apel terdiri dari unsur TNI, Kepolisian, Dinas Pendidikan, Dinas perhubungan dan Satpol PP Pemkab Banjarnegara.

Apel gelar pasukan ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Penjabat Bupati Banjarnegara dilanjutkan dengan pemasangan pita operasi kepada 6 orang perwakilan peserta apel.

Dalam arahan Kapala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Drs. Ahmad Luthfi, S. H., S. St. M.K yang dibacakan Penjabat Bupati Banjarnegara menyebutkan apel gelar pasukan ini sebagai bentuk kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan dilibatkan pada Operasi Keselamatan Lalu lintas candi tahun 2024 dan pencanangan akasi keselamatan jalan.

Tujuan digelarnya oprasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurutnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu-lintas (Lakalalin).

Sehingga tercipta keamanan dan keselamatan ber lalulintas.

“Dalam rangka mewujudkan cipta kondisi keamanan keselamaean berlalulintas menjelang ramadhan dan idul fitri1445 H tahun 2024 sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya.

Sehingga kegiatan oprasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan, polri telah menetapkan kalender oprasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun,” sebut Penjabat Bupati Banjarnegara Tri Harso.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2024 dan Pencanangan aksi keselamatan jalan akan dilaksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal (4 Maret hingga 17 Maret 2024) yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia.

Dengan tema Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju.

Tri Harso juga berharap masyarakat untuk mematuhi aturan aturan lalulintas dan mengurangi pelanggaran sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. oprasi keselamatan lalu lintas.

“Mari kita selalu mengedepankan giat preemtif, prefenrif, humanis dan edukatif,” ajaknya.

Semantara itu Kapolres Banjarnegara AKBP Erik Budi Santoso, SH, SIK, MH mangatakan,” sasaran oprasi keselamatan yang lalu lintas tahun ini yaitu pada tempat yang rawan kecelakaan, rawan pelanggaran, antisipasi balap liar dan kenalpot brong.

“Operasi ini lebih mengedepankan preventif yaitu pencegahan dengan mengadakan edukasi di sekolah sekolah dan pemasangan seanduk dan himbauan, pemasangan rambu rambu lalu lintas di tempat rawan kecelakaan,” terangnya.

Lebih lanjut Erik mengatakan jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2023 sebanyak 664.480 pelanggaran, dibandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 750.656 pelanggaran mengalami penurunan 11 % atau 86.176 pelanggaran.

Sedangkan Jumlah tilang tahun 2023 sebanyak 278.022 lembar, dibandingkan tahun 2022 sebanyak 485.368 lembar, mengalami penurunan sebanyak 43% atau 207.346 lembar.
Teguran pada tahun 2023 sebanyak 386.458 dibandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 265.288 teguran, mengalami kenaikan sebanyak 46 % atau 121.170 teguran.
Kapolres berharap dengan menurunnya angka kecelakaan lalu lintas bisa membuat aman, nyaman pada saat mudik lebaran.

      (ugl/bgs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *