Kegiatan Perdana Festival Damai 2024 di Kelurahan Kampong Damai Disambut Antusias Masyarakat

Tanjungpandan, Belitung- Bharindojakartaindonesia.com/- Lomba Penyajian Makan Berdulang menjadi pembukaan Festival Damai 2024, di Kelurahan Kampong Damai Kecamatan Tanjungpandan Belitung dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, Jumat (01/03/2024). Dan pada lomba ini diikuti 20 peserta, dari 20 perwakilan RT di Kelurahan Kampong Damai.

Budi, A.Md Lurah Kampong Damai, mengatakan Festival Kampong Damai 2024 ini, merupakan yang pertama kali yang di prakarsai kelurahan dan masyarakat Kampong Damai serta permintaan masyarakat itu sendiri. Sebagai pemerintah Kelurahan disini, kami sangat mendukung kegiatan ini.

“Festival Damai 2024 menjelang ramadhan akan berlangsung selama tiga hari dan ada beberapa kegiatan, seperti hari pertama dimulai dengan perlombangan penyajian makan berdulang, ada penjualan produk UMKM Kelurahan Kampong Damai, lomba bernyanyi tingkat dewasa. Dengan membawakan dua buah lagu, satu lagu daerah dan satu lagi lagu bebas,” jelas Budi.

Budi melanjutkan, dan untuk hari keduanya rencananya ada bazar pasar murah atau pasar tani, yang merupakan binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung. Dilanjutkan lomba bernyanyi tingkat anak- anak, dan untuk malamnya akan menampilkan musik campak asal Belitung.

” Pada Hari ketiga, rencananya akan dilaksanakan senam bersama dan sekaligus pengumuman pemenang lomba. Dan untuk acara penutup dimalam harinya, akan dilaksanakan ruwahan bersama se-Kelurahan Kampong Damai,” ujar Budi yang juga pernah menjadi ajudan mantan Bupati Belitung.

Sementara itu Camat Tanjungpandan Belitung Sanwani, S.STP , mengatakan Festival Damai 2024 menjelang ramadhan semoga dapat mengakomodir pelaku-pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Kampong Damai. Dimana dapat memberikan ruang dan wadah, silahturahmi, berjualan, bertukar pikiran serta sekaligus kedepannya event ini dilaksanakan rutin tiap tahunnya.

“Festival Damai 2024 sekarang tiga hari, mungkin kedepannya bisa dilaksanakan satu minggu dan kedepannya lagi satu bulan menjelang ramadhan. Pak Lurah dapat memikirkan agar setiap tahun semakin baik kedepannya,” harap Sanwani dalam sambutan dan sekaligus membuka kegiatan Festival Damai 2024.

Kecamatan Tanjungpandan sangat mengapresiasi sekali pelaksanakan acara ini, dan untuk lomba penyajian makan berdulang rata-rata disetiap Kelurahan ada bidang ini. Dan ini merupakan ritual adat daerah Belitong, memang kita jarangĀ  makan berdulang ini kecuali ada event atau acara.

“Semoga kedepannya ditambahkan lagi perlombaan atau acaranya, untuk memeriahkan lagi dan melibatkan semua masyarakat. Seperti melibatkan pelaku usaha UMKM dan masyarakat dimana dapat memberikan ide silahkan diakomodir, agar nantinya pelaksanaan dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat Kelurahan Kampong Damai,”harap Sanwani.

Dan mesti diketahui Kelurahan Kampong Damai ini, merupakan pemenang Lomba Kelurahan Tingkat Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

(Den/Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *