Kodim 0619/PWK bersama Warga Bersihkan Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur 

Bharindijakartaindonesia.com/ PURWAKARTA – Waduh Jatiluhur yang berada di wilayah Kabupaten Purwakarta adalah salah satu tempat yang dijadikan sumber mata pencaharian warga, khususnya para nelayan. Selain sebagai pusat mata pencaharian, Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah menjadikan waduk Jatiluhur juga sebagai objek wisata.

Namun beberapa bulan belakangan ini, warga mengeluh tentang banyaknya eceng gondok di danau tersebut, baik di areal keramba ikan, muara, maupun di lokasi waduk Jatiluhur.

Dengan kehadiran personil anggota Kodim 0619/PWK bersama instansi terkait, dan dibantu warga, turut serta membantu untuk membersihkan eceng gondok yang ada di sekitar waduk Jatiluhur.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kasdim 0619/PWK Kapt. ARM Amiruddin, Pasiter, Danramil 03, 04, 05 & 07, Personel Kodim yang terdiri 50 orang, Personel Dishub 10 orang, Personel LH 8 orang, Personel BPBD 10 orang, Personel Satpol PP 5 orang, Unsur Kecamatan Jatiluhur 10 orang, Anggota Polsek Jatiluhur 2 orang, Kades Jatimekar beserta perangkat desa, Ormas GMBI, Kompak & Grib 30 orang, dan masyarakat 50 orang.

Letkol ARM Andi Achmad Afandi (Dandim 0619/PWK) melalui Kasdim menyampaikan, dengan upaya membersihkan eceng gondok ini, diharapkan berdampak positif terhadap lingkungan maupun ekonomi warga sekitar.

Kasdim dalam sambutannya menyatakan terima kasih karena Karya Bakti TNI Peduli Lingkungan mendapat sambutan antusias dari warga.

“Disisi lain enceng gondok banyak manfaatnya. Akan tetapi keberadaan enceng gondok disini dapat mengganggu aktivitas warga, nelayan, dan tentunya dapat menyebabkan terjadinya banjir. Untuk itu kita bersama warga laksanakan pembersihan,” ujar Kapt ARM Amiruddin.

Lebih lanjut Kasdim Kapt ARM Amiruddin menambahkan, disamping upaya pencegahan terhadap munculnya bibit penyakit akibat nyamuk dan mencegah banjir, juga agar masyarakat sekitar dapat mengambil manfaat dengan adanya danau ini sekaligus untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar. (RK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *