Menyambut Ramadhan Warga Masyarakat Timur Pasar Menggelar Hiburan, Sebagai Penutupan Kesenian Kuda kepang Wahyu Leluhur

Minggu, (10 Maret 2024) 
Bharindojakartaindonesia.com/- Banjarnegara — Masyarakat Timur Pasar RT02/RW05, Kelurahan Krandegan Kec, Banjarnegara, Kab Banjarnegara, menggelar tradisi Kesenian sebagai penutup kegiatan mereka berkesenian untuk selanjutnya menyiapkan diri memasuki bulan puasa pada Ramadhan 1445 Hijrah.

Tradisi ini harus kami selenggarakan, sudah turun temurun, ini warisan para sesepuh dan cikal bakal warga masyarakat timur pasar Menggelar Kesenian Kuda Kepang Wahyu Leluhur Taman Saril
Bertempat di halaman rumah ibu ipung.

Tradisi berupa pementasan berbagai kesenian setempat dengan diiringi tabuhan gamelan itu digelar sejak Sabtu, (9/3/2024) malem, sekitar pukul 21:00 dan direncanakan berakhir sekitar pukul 23:00 wib antara lain berupa tarian kuda kepang dan kesenian ketoprak.

Sementara itu, Hadiono atau kang Slem dari Wahyu Leluhur
Seniman setempat, mengatakan,” selama bulan puasa tidak mementaskan keseniannya baik di desa ataupun menerima permintaan tanggapan masyarakat lainnya yang sedang memiliki hajat.

“Nanti kami memulai pentas lagi setelah Lebaran, sekaligus sebagai ajang halal bihalal warga,” katanya.

Meskipun sempat hujan turun bagaikan gerimis mengundang, mereka tetap menggelar pementasan kuda kepang, sedangkan masyarakat tetap berkerumun dan antusias menyaksikannya.

Ratusan orang tampak menghadiri acara tersebut baik bapak-bapak dan ibu-ibu remaja, dan anak-anak disekitar arena pementasan itu.

      (One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *