Hadapi Bulan Puasa TPID Kabupaten Belitung Timur Tambah Stok Beras Dua Kali Lipat

Manggar, Beltim- Bharindojakartaindonesia.com/-Operasi Pasar Murah sedang gencar-gencarnya dilakukan di Kabupaten Belitung Timur, kegiatan ini merupakan untuk menekan tingginya harga barang dipasaran. Dan dalam menghadapi bulan puasa juga persiapan menyambut lebaran, dengan harga sembako yang mulai terlihat naik. Pasar Murah merupakan langkah yang cukup baik, untuk menekan harga sembako dipasaran.

TPID Kabupaten Beltim melalui Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Beltim, Suparta mengakui stok beras bersubsidi untuk operasi pasar hanya satu ton untuk setiap kecamatan. Setiap ton berisi 200 karung beras SPHP ukuran 5 kilogram.

“Memang kita hanya siapkan 7 ton untuk 7 kecamatan. Hari ini kita ambil dua ton untuk Operasi Pasar Terakhir besok (7/3/24) di Kecamatan Simpang Renggiang,” ungkap Suparta.

Terbatasnya stok ini lantaran TPID Beltim tak ingin membanjiri pasar dengan persedian beras bersubsidi. Dikhawatirkan akan banyak spekulan yang memanfaatkan situasi ini.

“Kita gak mau jor-joran dengan situasi saat ini takutnya nanti dari oknum pedagang atau toko-toko ada yang jual lagi beras ini. Kondisi tempat penyimpanan kita juga terbatas, karena kita memang belum ada gudang khusus untuk menyimpan beras,” jelas Suparta.

Namun Mantan Kepala Bidang Pertambangan ini menyatakan siap menambah stok beras bersubsidi untuk Operasi Pasar Murah tahap II mendatang. Minimal satu Kecamatan akan diberikan jatah dua ton atau 400 karung beras subsidi SPHP 5 kilogram.

“Sudah kita evaluasi hasil Oprasi Pasar Murah. Insyallah kita akan antisipasi untuk operasi saat puasa nanti akan kita tambah dua kali lipat stoknya,” ujar Suparta.

Terkait upaya untuk menekan harga beras di pasaran, Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kabupaten Beltim akan terus melalukan operasi pasar murah dan pemantauan rutin ketersedian dan harga bahan pokok. Selain itu juga untuk menyambut Idul Fitri ini akan ada Pasar Murah Bersubsidi.

“Kita juga akan gelar pasar murah bersubsidi untuk warga yang tidak mampu. Sudah kita siapkan anggaran untuk 8.150 paket sembako bersubsidi. 26 Maret nanti kita gelar,” kata Parta
.(TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *