Hari Pertama Pasar Ramadhan 1445 H di Banjarnegara, Warga Serbu Sembako dan Baju Murah

Rabu, (3 April 2024)
Bharindojakartaindonesia com/- BANJARNEGARA – Kegiatan Pasar Ramadan 1445 Hijriah yang digelar Pemerintah Kabupaten Banjarnegara di kompleks alun-alun Banjarnegara
Selasa, (2/4/2024). langsung diserbu warga
Berbagai jenis sembako dan pakaian murah, menjadi target warga untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

Plt Kepala Bagian Ekonomi Setda Banjarnegara, Dedi Restioko mengatakan,” pasar murah Ramadan ini di gelar dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan lebaran warga dengan harga yang terjangkau atau lebih murah dari harga pasar pada umumnya.

Selain itu pasar murah digelar juga untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat pasca pandemik Covid -19 melalui kepesertaan UMKM dan OPD dalam pasar Ramadhan 1445 H.
“Pasar Ramadhan ini menjual beraneka, aneka barang murah untuk membantu warga dalam rangka memenuhi kebutuhan menjelang lebaran, dalam pasar murah ini di jual sembako dengan harga jauh di bawah harga pasar, ada juga bantuan sosial yang diberikan secara cuma-cuma kepada warga kurang mampu yang ditunjukan melalui kupon,” kata Dedi.

Pada pasar Ramadhan 1445 H ini juga dibagikan bantuan sosial dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) seperti dari Bulog yang memberikan bansos beras untuk 101.402 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Hiswanya memberikan bantaun sebanyak 50 paket sembako, PT Indonesia Power memberi bantuan sosial sebanyak 200 paket, BI menyumbang untuk bantuan sosial berupa 200 paket untuk tebus murah minyak.
Sedangkan Bansos BUMD peduli menmeberikan bantuan sebanyak 600 paket yang diserahkan kepada desa di wilayah Kecamatan Pagentan yang terdampak bencana alam.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Riatmodjo Ponco Nugroho SE ME, saat membuka acara mengatakan,” Pasar Ramadhan di gelar mendasarkan kepada pola aktifitas perekonomian masyarakat yang sangat terdampak pada masa Pandemi Covid-19 dan fenomena kenaikan beberapa komoditas pangan pada bulan Ramadhan 1445 H.
“TPID Kabupaten Banjarnegara tahun 2024 juga berupaya untuk mendukung kebangkitan perekonomian daerah sebagai upaya pemulihan perekonomian masyarakat telah melaksanakan beberapa kegiatan.

Kegiatan tersebut diantaranya TPID Peduli Tahun 2024 berupa HLM TPID/Rapat Lintas Sektor menyambut Ramadhan 1445 dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, penyaluran bansos dan tebus murah serta edukasi literasi keuangan kepada masyarakat dari stakeholder pendukung,
Kegiatan lain dari TPID adalah penyaluran bansos beras melalui Bulog, yang diterimakan masing-masing 10 kilogram kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Banjarnegara sebanyak 101.402 KPM atau sebesar 1.014,02 ton untuk setiap penyaluran selama 3 bulan, mulai Januari sampai dengan Maret 2024.
“Kegiatan pasar Ramadhan 1445 Hijriah ini juga sebagai upaya mendukung geliat ekonomi dan transaksi jual beli di masyarakat dengan ketentuan harga jual di bawah harga pasar,” kata Ponco

Pasar ramadhan lanjut Poco, juga memberikan contoh dan mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak yaitu membeli barang sesuai dengan kebutuhan dasar sesuai kapasitas finansial dan meminimalkan keinginan sebagai amalan ibadah puasa Ramadhan 1445 H.
Kegiatan Pasar Ramadhan 1445 H ini juga dimaksudkan sebagai upaya pemerintah daerah dengan mengikutsertakan stakeholder terkait dalam rangka mendukung upaya pengendalian inflasi melalui penyediaan komoditas bahan pangan pokok yang dijual di bawah harga pasar guna terjaganya stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas).

    (ugl/ahr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *