Di HUT Ke-78 TNI ‘Babinsa Laksanakan Pembinaan Ketahanan Wilayah

BharindoJakartaIndonesia.com/Bolmut-Kamis,05/10/2023.
Dihari Ulang Tahun yang Ke-78 Tentara Nasional Indonesia, Kopda Irfan yang bertugas sebagai Babinsa wilayah Koramil 1303-14 Kecamatan Bolangitang melaksanakan kegiatan Bintahwil (Pembinaan Ketahanan Wilayah) pada sejumlah siswa siswi pelajar SDN 1 Binuanga Bolangitan Bolmut.

Kopda Irfan yang sehari-harinya berdinas di Koramil 1303-14 Bolangitang, memberikan materi tentang Pendidikan Pancasila kepada siswa dan siswi SDN 1 Binuanga.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa memberikan penjelasan kepada para siswa tentang Pancasila sebagai dasar Ideologi negara kita Indonesia dimana Pancasila itu sendiri terdiri dari kata “Panca” yang artinya Lima dan “sila” yang artinya dasar atau prinsip, yang dapat diartikan sebagai “Lima Dasar” atau “Lima Prinsip”.

Babinsa juga menjelaskan kepada para siswa bahwa, Pancasila sebagai dasar negara merupakan falsafah hidup bagi negara kita untuk mempersatukan seluruh warga negara Indonesia yang berbeda beda Suku, agama dan adat istiadat.

Pancasila yang terdiri dari Lima Sila, masing masing mempunyai arti dan makna tersendiri, jadi sebagai siswa atau pelajar jangan hanya dihafal saja tetapi harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Kopda Irfan dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, anak-anak kita sejak dini harus ditanamkan makna dari Pancasila apalagi disaat usia Sekolah Dasar (SD) tentu Ideologi Pancasila yang sehari-hari berkaitan dengan tatakrama, sopan santun, taat pada aturan di sekolah, tidak membantah kepada orang tua sangatlah bermanfaat secara psikologi anak, sehingga di usia mereka pada saat menanjak dewasa menjadi anak yang memiliki Budi pekerti yang baik.

(R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *