Kejari Beltim Musnahkan Barang Bukti dari 25 Perkara

Manggar, Beltim –Bharindojakartaindonesia.com/- Kejaksaan Negeri Belitung Timur (Kejari Beltim) memusnahkan barang bukti dari 25 perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Pemusnahan barang bukti yang dipimpin Kepala Kejari Beltim melalui Kepala Seksi PB3R Mario Siahaan ini dilaksanakan di halaman Kantor Kejari Beltim, Rabu (29/11). Hadir dalam kegiatan ini Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Beltim Baniara Sinaga, Kasubagbin Kejari Beltim M. Agussafitri, perwakilan dari PN Tanjung Pandan, Kasat Reskrim Polres Beltim AKP Fatah Meilana, perwakilan loka POM dan perangkat daerah di lingkup Pemkab Beltim.

Dikatakan Mario Siahaan, kegiatan pemusnahan yang dilakukan ini merupakan kegiatan kedua pada tahun 2023. Dari 25 perkara tindak pidana umum  yang dimusnahkan itu, ada barang bukti kejahatan atau perkara penyalahgunaan narkotika.

“Barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 25 perkara tindak pidana umum yang variatif. Yang pertama dimusnahkan barang bukti narkotika dengan cara diblender menggunakan air dan detergen, lalu pemusnahan hasil penambangan timah illegal,” ungkap Mario Siahaan.

Dijelaskannya, pemusnahan ini merupakan salah satu tugas jaksa dalam melaksanakan putusan pengadilan.

“Kejaksaan melaksanakan tupoksi sebagai eksekutor putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Kita tidak hanya melaksanakan tugas sebagai pelaksana eksekusi pidana badan tetapi juga terhadap barang bukti atau barang rampasan setelah ada putusan dari pengadilan,” tegas Mario Siahaan.

Mario Siahaan berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi penegakan hukum, khususnya di wilayah Kabupaten Beltim.

“Kegiatan pemusnahan barang bukti dengan mengundang instansi terkait ini diharapkan ada sinergitas yang baik antar aparat penegak hukum supaya penegakan hukum di Beltim berjalan lebih baik dan masyarakat mengetahui bahwa Kejari Beltim memberikan warna dalam penegakan hukum,” tegas Mario.

(TIM)

Ikrar Netralitas ASN Kabupaten Belitung Timur Pada Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.   

Manggar,  Beltim –Bharindojakartaindonesia.com/- Peringatan Hari Ulang Tahun ke-52 Korpri di Kabupaten Belitung Timur berlangsung secara khitmat, dengan pelaksanaan upacara yang dipimpin Bupati Beltim Burhanudin menjadi Inspektur Upacara di Halaman Kantor Bupati Beltim, Rabu (29/11/23).

Upacara diikuti oleh ratusan ASN baik di Organisasi Perangkat Daerah maupun dari sekolah-sekolah melalui PGRI di Pemkab Beltim. Dan Saat upacara, seluruh peserta mengikuti Pembacaan Panca Prasetya Korpri, ASN Berakhlak, serta berikrar netralitas ASN pada Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Bupati Belitung Timur dalam sambutannya mengatakan, momentum Hari KORPRI ini merupakan cerminan dari perjalanan panjang dalam mewujudkan tugas mulia sebagai pelayan masyarakat. Korpri, yang terpatri dalam setiap langkah dan jiwa pelayanan, telah menjadi tulang punggung pembangunan dan penjaga nilai-nilai luhur bangsa.

“Dalam 52 tahun perjalanan ini, Korpri telah membuktikan ketangguhannya dalam beradaptasi, berkembang dan mewarnai berbagai sektor kehidupan negara ini. Sesuai temanya “Korprikan Indonesia” harapannya agar seluruh anggota KORPRI semakin bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi nyata dalam melayani kepentingan masyarakat,” kata Aan sapaan Burhanudin.

Menurut Aan, BerAKHLAK yang mencakup beberapa nilai, seperti berorientasi pelayanan, akuntabek, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. menjadi pengingat agar ASN memiliki orientasi yang seragam dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Setiap ASN harus mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, melainkan harus mempunyai jiwa untuk melayani masyarakat,” kata Aan.

Selanjutnya Aan mengatakan, ASN di Kabupaten Beltim harus mampu menyeimbangkan harapan dan ekspektasi organisasi terhadap dirinya, dengan terus meningkatkan kinerja secara terus menerus, selalu belajar untuk meningkatkan kapasitas, dan menyesuaikan perilaku dengan core values.

“Korpri merupakan pilar yang tak tergantikan dalam pembangunan negara. Oleh karena itu, mari kita terus bergandengan tangan, satu sama lain, menghadapi setiap ujian dan menjawab setiap panggilan tugas dengan keberanian, keikhlasan, dan kepedulian,” ajak Aan.

Seusai upacara Bupati Beltim menyematkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Saty masa kerja 10 tahun, 20  tahun dan 30  tahun.

Bupati juga menyerahkan santunan Purna Tugas Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) kepada 67 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah pensiun di Lingkungan Pemkab Beltim. Setiap mantan PNS menerima Rp3,5 juta hingga Rp4 juta tergantung pangkat dan golongan saat pension.

Selain itu pula diserahkan santunan untuk 4 keluarga PNS di Kabupaten Beltim yang telah meninggal dunia. Masing-masing menerima Rp5 juta.

(TIM)

Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel Berhasil Menggagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Ekor Benih Lobster

Palembang – Bharindojakartaindonesia.com/- Sebanyak 50.616 ekor benih lobster (BBL) berhasil diamankan oleh Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel.

Adapun jenis lobster yang berhasil diamankan yakni 6.660 ekor BBL jenis mutiara dan 43.956 ekor jenis pasir. Selain itu juga berhasil mengamankan satu tersangka berinisial SN (25).

Hal ini diungkapkan oleh Plt. Dirreskrimsus Polda Sumsel AKBP Putu Yudha Prawira, SIK, MH saat press release, Kamis (30/11/2023).

“Tersangka berhasil kami tangkap di jalan tol Kayuagung – Lampung. Tersangka merupakan warga Bandar Lampung, “ujarnya.

Lanjut, ia mengatakan, pada hari Senin (27/11/2023) pihaknya mendapatkan informasi dari Dirlantas Polda Sumsel bahwa ada mobil minibus yang membawa BBL akan melintas di wilayah Sumsel. Lalu memerintahkan Unit 4 Subdit IV Tipidter untuk melakukan penyelidikan bersama dengan Sat PJR Ditlantas Polda Sumsel.

“Kemudian pada hari Selasa (28/11/2023) tim melakukan penyisiran di jalan tol Kayuagung-Lampung, Tim melihat mobil minibus Innova warna Silver yang mencurigakan melintas dengan kecepatan tinggi. Lalu tim melakukan pengejaran terhadap mobil tersebut dan mobil diberhentikan dan mengamankan tersangka SN sopir mobil tersebut. Setelah dilakukan pengecekan ternyata mobil tersebut membawa BBL pada saat tim menanyakan kelengkapan dokumen tersangka tidak dapat memperlihatkan sehingga pelaku langsung diamankan,” bebernya.

ia menuturkan, BBL dibawa oleh tersangka SN dari pelabuhan Bakauheni menuju kabupaten Muba. Diperkirakan harga BBL jenis Mutiara sebesar Rp. 150.000,- perekor dan BBL jenis pasir sebesar Rp. 100.000,- perekor sehingga total kerugian negara lebihkurang Rp. 6 milyar.

“Tersangka SN mengaku sudah berulangkali mengangkut BBL dengan upah sebesar Rp. 1 juta ditambah uang jalan sebesar Rp. 2,5 juta. Barang bukti yang berhasil diamankan 1 unit mobil Innova, 1 buah handphone, 12 box styrofoam yang dilapisi plastik warna hitam berisikan BBL lebih kurang 50.616 ekor. Pasal yang dikenakan UU No 31 tahun 2004 tentang perikanan dengan ancaman penjara 8 tahun atau denda 1,5 M,” tutupnya.

Pewarta : Lily

Polri Tetap Usut Kasus Rocky Gerung Meski Laporan Dicabut HUMAS POLR

Kamis, (30/11/2023)-Jakarta — Bharindojakartaindonesia.com/- Polri memastikan bakal tetap mengusut kasus dugaan ujaran kebencian terhadap Presiden Jokowi yang dilakukan Rocky Gerung terkait pernyataan ‘bajingan tolol‘.
Proses hukum akan terus berjalan meski para pelapor mencabut laporannya terhadap Rocky

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, pengusutan perkara ini tak bergantung pada laporan polisi yang dilayangkan. Sebab, perkara ini bukan termasuk dalam delik aduan.

“Penyidikan tetap jalan. Alasan penyidik karena ini bukan delik aduan,” ujar Ramadhan kepada awak media, Kamis, (30/11/2023) kemarin.

Ramadhan menjelaskan, saat ini Bareskrim Polri telah menerima total 26 laporan polisi yang dilayangkan terhadap Rocky. Beberapa laporan di antaranya pun telah dicabut.

“Ada 26 LP dan ada beberapa LP yang dicabut,” imbuhnya.

     ( hjrn/One)

Kodim 1303 Gelar Serah Terima Jabatan Dandim 1303/Bolmong

BharindoJakartaIndonesia.com/Kotamobagu – Markas Komando Distrik Militer menggelar kegiatan serah terima jabatan (Sertijab) pejabat Dandim lama ke pejabat yang baru.

Kegiatan Sertijab dilaksanakan Kamis, 30 November 2023 bertempat di Aula Totabuan Kodim 1303 Bolmong dipimpin langsung oleh Kasrem 131/Santiago ‘Kolonel Infanteri ‘Yarnedi Mulyadi S.I.P., MH,

Jabatan Komandan Kodim 1303/Bolmong diserahterimakan dari pejabat lama Letkol Infanteri ‘Topan Angker, S.Sos kepada pejabat baru Letkol Infanteri Fahmil Harris, S.IP.

Adapun rangkaian kegiatan serah terima jabatan tersebut yakni sebagai berikut, Kepala Staf KOREM 131/STG Selaku Pimpinan Acara Tiba di tempat Acara, pasukan disiapkan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Penghormatan Kepada Pimpinan Acara dipimpin oleh perwira tertua, Laporan Perwira Tertua L, Persiapan Serah terima Jabatan, Penyerahan Tongkat Komando dan Penyamatan Tanda Jabatan, Penandatanganan naskah Serah terima jabatan, Penandatanganan berita acara serah terima Persit, Laporan Resmi, Laporan Perwira Tertua, Penghormatan Kepada Pimpinan Acara, Menyanyikan lagu “HYMNE TNI AD”, Penghormatan Kepada Dhuaja Korem 131/Stg, Prosesi Kesetiaan Kepada Korem 131/Stg, Penghormatan Kepada Dhuaja Korem 131/Stg, Pimpinan Acara meninggalkan tempat acara.

Kegiatan serah terima jabatan tersebut turut dihadiri oleh pejabat TNI, diantaranya ‘Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi S.I.P., M.H (Kasrem 131/Stg), Kolonel Arm Sutikno, S.Pd. (Kasi Pers Kasrem 131/Stg), Letkol Inf Mutakir (Dandim Minahasa), Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo (Dandim Sanger), Letkol Cba Haris Munandar (Danden Bekang), Letkol Cpm Andi Suhandi, S.H., (Danden Pom), Mayor Chb Hamzah Hafid (Dandenhub).

Satu tahun enam bulan menjabat selaku Dandim Bolmong, Diketahui Letkol Inf Topan Angker S.Sos pindah di Mabesad sebagai Pabandya-3 /Jianstra Spaban 1 /Jakrenstra Srenaad, digantikan oleh ‘Letkol Inf Fahmil Harris yang sebelumnya menjabat Danden Inteldam XIII/MDK dan hari ini Kamis, 30 November 2023 resmi menjabat selaku orang nomor satu di Kodim 1303 Bolmong.(Pen/R01)

Menhan Prabowo Ke Malaysia Temui Perdana Mentri (PM) Malaysia

Malaysia- Bharindojakartaindonesia.com/-
Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mengadakan kunjungan kerja ke Malaysia pada Kamis, 30 November 2023. Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia H. E. Anwar Ibrahim, yang didampingi oleh Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Utama Mohamad Hasan dan Wakil Menteri Dalam Negeri Datuk Shamsul Anuar Nasarah di Seri Perdana Putrajaya.

Dalam suasana yang penuh diplomasi, Menhan Prabowo terlihat mengenakan pakaian batik berwarna coklat dan celana hitam, mencerminkan keberagaman budaya Indonesia. Pertemuan tersebut menjadi platform untuk membahas sejumlah isu strategis terkait kepentingan kedua negara, khususnya dalam bidang pertahanan dan peningkatan hubungan bilateral.

Biro Humas Setjen Kemhan mengkonfirmasi bahwa pembahasan mencakup berbagai aspek, mulai dari kerjasama pertahanan hingga upaya memperkuat kerja sama bilateral. Para pemangku kepentingan dari kedua negara turut memperlihatkan komitmen untuk meningkatkan sinergi dalam menghadapi tantangan global.

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara Indonesia dan Malaysia, membawa manfaat positif bagi kedua negara. Langkah-langkah konkret dalam meningkatkan keamanan dan stabilitas regional menjadi fokus utama, menggarisbawahi pentingnya kerjasama bilateral di tengah dinamika geopolitik yang terus berkembang.

Kunjungan ini juga menjadi momentum untuk memperkuat hubungan personal antara Menhan Prabowo dan PM Anwar Ibrahim, menciptakan landasan yang kokoh untuk kolaborasi yang lebih erat di masa depan. Di tengah dinamika geopolitik yang kompleks, kerjasama antara Indonesia dan Malaysia di bidang pertahanan menjadi bagian integral dari upaya menjaga stabilitas di kawasan Asia Tenggara. (Biro Humas Setjen Kemhan)

(*/Murry)

Temui Perdana Menteri (PM) Malaysia, Menhan RI Prabowo ke Malaysia

Kamis, (30/11/2023)-Malaysia -Bharindojakartaindonesia com/- Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Malaysia Kamis, (30/11/2023).
Menhan Prabowo tampak mengenakan pakaian batik berwarna coklat dan celana hitam.
Kunjungan Menhan Prabowo ke Malaysia, untuk menemui PM Malaysia H E. Anwar Ibrahim yang turut didampingi Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Utama Mohamad Hasan dan Wakil Menteri Dalam Negeri Datuk Shamsul Anuar Nasarah di Seri Perdana Putrajaya.


Pertemuan tersebut membahas berbagai isu terkait kepentingan kedua negara khususnya di bidang pertahanan dan peningkatan hubungan bilateral.

     (One)

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Serah Terimakan Risalah Kasad

Jakarta- Bharindojakartaindonesia.com/-
(Puspen TNI).  Pada tahun anggaran 2023, berbagai program kerja dan kegiatan telah dapat terlaksana dengan lancar, walaupun dengan berbagai keterbatasan, semua itu dapat terlihat pada beberapa pencapaian dan prestasi telah diraih oleh jajaran TNI Angkatan Darat.

Demikian disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada kegiatan penyerahan naskah risalah serah terima jabatan Kepala Staf TNI  Angkatan Darat (Kasad) dan penandatangan serta penyerahan risalah Ketua Pembina Yayasan Kartika Eka Paksi, yang bertempat di Mabes AD, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Lebih lanjut dikatakan Panglima TNI, saat ini yang menjadi fokus tugas TNI yaitu masalah di Papua, bencana alam dan pesta demokrasi Pemilu. “Visi saya adalah TNI prima, akan saya wujudkan TNI yang profesional,  hal ini saya sudah sampaikan untuk well equipt, well train kemudian well paid, sehingga dapat melaksanakan tugas pokok dengan baik,” tegasnya.

Dikaitkan dengan masalah Papua, Jenderal TNI Agus menegaskan untuk mengedepankan kearifan lokal masyarakat kemudian lakukan pendekatan soft power. “Sesuai saya fit and proper test lalu, jadi gunakan smart power dan  soft power dulu, nanti kita ke depankan operasi teritorial, didukung oleh operasi Intel dan operasi tempur pasukan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Jenderal TNI Agus ingin menyampaikan harapan semoga di bawah pimpinan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dapat mewujudkan misi TNI Angkatan Darat yang prima. “Dalam menghadapi dinamika yang kompleks, agar terwujudnya kesiapan operasional TNI AD, kita harapkan setiap saat pasukan itu siap operasi,” tutupnya.

Usai penyerahan risalah serah terima jabatan, dilaksanakan juga serah terima Yayasan Kartika Eka Paksi yang merupakan rangkaian dari agenda pergantian pejabat ketua pembina yayasan. Yayasan Kartika Eka Paksi hingga saat ini telah mendukung kesejahteraan keluarga besar Angkatan Darat, di bidang sosial kemanusiaan, keagamaan dan pendidikan.

#tniprima
#tnipatriotnkri
#nkrihargamati
#tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi

(*/Murry)

Menhan Prabowo Ke Malaysia Temui Perdana Mentri (PM) Malaysia

Malaysia- Bharindojakartaindonesia.com/-
Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mengadakan kunjungan kerja ke Malaysia pada Kamis, 30 November 2023. Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia H. E. Anwar Ibrahim, yang didampingi oleh Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Utama Mohamad Hasan dan Wakil Menteri Dalam Negeri Datuk Shamsul Anuar Nasarah di Seri Perdana Putrajaya.

Dalam suasana yang penuh diplomasi, Menhan Prabowo terlihat mengenakan pakaian batik berwarna coklat dan celana hitam, mencerminkan keberagaman budaya Indonesia. Pertemuan tersebut menjadi platform untuk membahas sejumlah isu strategis terkait kepentingan kedua negara, khususnya dalam bidang pertahanan dan peningkatan hubungan bilateral.

Biro Humas Setjen Kemhan mengkonfirmasi bahwa pembahasan mencakup berbagai aspek, mulai dari kerjasama pertahanan hingga upaya memperkuat kerja sama bilateral. Para pemangku kepentingan dari kedua negara turut memperlihatkan komitmen untuk meningkatkan sinergi dalam menghadapi tantangan global.

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara Indonesia dan Malaysia, membawa manfaat positif bagi kedua negara. Langkah-langkah konkret dalam meningkatkan keamanan dan stabilitas regional menjadi fokus utama, menggarisbawahi pentingnya kerjasama bilateral di tengah dinamika geopolitik yang terus berkembang.

Kunjungan ini juga menjadi momentum untuk memperkuat hubungan personal antara Menhan Prabowo dan PM Anwar Ibrahim, menciptakan landasan yang kokoh untuk kolaborasi yang lebih erat di masa depan. Di tengah dinamika geopolitik yang kompleks, kerjasama antara Indonesia dan Malaysia di bidang pertahanan menjadi bagian integral dari upaya menjaga stabilitas di kawasan Asia Tenggara. (Biro Humas Setjen Kemhan)

(*/Murry)

Pemerintah Berharap Pameran IndoBuildTech Expo B2B 2023 Lahirkan Terobosan

JAKARTA-Bharindojakartaindonesia.com/- Industri konstruksi sebagai penopang utama pembangunan infrastruktur di Indonesia memiliki prospek yang cerah dalam tahun mendatang. Proyeksi perekonomian global pada tahun 2024 diperkirakan akan membaik dengan proyeksi pertumbuhan akan berada pada level 3% (tiga persen).

Hal itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Ir. Rachman Arief Dienaputra M.Eng, saat pembukaan pameran IndoBuildTech Expo B2B 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Rabu (29/11/2023).

Menteri PUPR menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat jasa konstruksi yang selalu mendukung kebijakan Pemerintah dalam melaksanakan percepatan pembangunan infrastruktur yang tersebar dari Sabang sampai Meurake, meskipun berada dalam situasi yang kurang kondusif, antara lain disebabkan kenaikan harga material sebagai dampak ketidakpastian global akibat climate change dan gejolak geopolitik.

Dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2024, ungkap Menteri, pemerintah telah menetapkan anggaran infrastruktur sebesar Rp 422,7 triliun, yang diarahkan untuk mendorong percepatan dan pemerataan pembangunan.

Kebijakan tersebut dilakukan antara lain melalui: (1) percepatan pembangunan infrastruktur penggerak ekonomi; (2) penyediaan infrastruktur pelayanan dasar dan proyek-proyek strategis yang mendukung prioritas pembangunan; (3) mendukung percepatan penyelesaian pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) secara bertahap dan berkelanjutan; (4) melakukan pemerataan dan penguatan akses teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mendukung transformasi digital; dan (5) mendorong pemberdayaan partisipasi badan usaha melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Implementasi infrastruktur berkelanjutan harus didukung oleh rantai pasok sumber daya konstruksi dengan mengutamakan produk lokal, unggulan dan ramah lingkungan. Komitmen Kementerian PUPR dalam menggunakan Produk Dalam Negeri (PDN) menjadi prioritas utama, dimana pada Tahun 2024 ini komitmen penggunaan PDN PUPR adalah sebesar 95% (Sembilan puluh lima persen) dari total anggaran.

Selain itu, penggunaan produk dari pelaku usaha mikro, kecil dan koperasi (UMKK) minimal sebesar 40% (empat puluh persen) juga menjadi prioritas dalam pelaksanaan pekerjaan dilingkungan Kementerian PUPR. Penggunaan PDN serta produk UMKK inilah yang diharapkan akan mempercepat geliat pertumbuhan ekonomi nasional kita, termasuk peningkatan kesempatan lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja lokal.

“Saya sangat berharap agar kegiatan IndoBuildTech 2023 ini dapat melahirkan terobosan dan lompatan baru dalam gerak langkah kita bersama membangun infrastruktur berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tutur  Rachman Arief saat membacakan kata sambutan Menteri Basuki.

Pameran IndoBuidTech ini telah secara resmi dibuka oleh Dirjen Bina Konstruksi Rachman Arief Dienaputra mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan didampingi oleh para Ketua Asosiasi Pendukung dan Perwakilan Debindo Global Expo. Dalam kesempatan tersebut Kementerian dan Asosiasi Pendukung menerima plakat penghargaan dari PT Debindo Global Expo selaku penyelenggara.

Sementara Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Kementerian PUPR, Ir. Nicodemus Daud, M.Si. menambahkan, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi memberikan apresiasi untuk seluruh produsen yang turut berkomitmen dalam penggunaan produk dalam negeri.

“Karena hal tersebut sesuai dengan perintah Bapak Presiden Joko Widodo yang telah menginstruksikan untuk menggunakan produk dalam negeri dan menekan penggunaan produk impor selama kebutuhan spesifikasinya terpenuhi dan dapat diperoleh di dalam negeri,” kata Nico.

Dalam penyelenggaraan edisi ke-23 pameran IndoBuidTech selain menghadirkan inovasi terbaru dalam hal ragam produk material bangunan, interior dan arsitektur, serta rangkaian business programme,  juga konsep positioning baru dengan segmentasi pasar pebisnis yang memprioritaskan interaksi Business to Business (B2B).

IndoBuildTech B2B 2023 akan berlangsung hingga 2 Desember 2023 dan diikuti oleh para peserta dari dalam dan luar negeri termasuk dari China, Vietnam, dan Korea Selatan.

Diantara para peserta dari dalam negeri yang hadir dengan brand terkemuka adalah Vivere, Aer, Tostem, Suzuka, Allure, Biowood, AICA, Duma, Himalaya Glass.

Dengan fokus pada interaksi business-to-business, para exhibitor dari dalam dan luar negeri yang menampilkan banyak brand terkemuka dan kelas dunia, menyiapkan berbagai paket promosi penjualan produk dan kemitraan untuk prospek bisnis berkelanjutan, yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha terkait sektor konstruksi bangunan dan arsitektur.

Selama berlangsung pameran, IndoBuildTech B2B 2023 juga menggelar serangkaian kegiatan Product Workshop dari para Exhibitor sebagai ajang berbagi informasi lengkap dan terpercaya tentang fitur-fitur unggulan produk beserta teknik aplikasinya di lapangan.

Masih banyak lagi kegiatan parallel pameran lainnya yang dilaksanakan oleh mitra-mitra asosiasi pendukung IndoBuildTech antara lain dari Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I) yang telah mengagendakan kegiatan Bimbingan Teknis Spesifikasi Tiang Pancang Penampang Bulat Berongga Prategang & Spesifikasi Turap Beton Prategang Bergelombang untuk Sistem Penahan Tanah oleh AP3I.

Sementara itu, Ikatan arsitek Indonesia (IAI) Jakarta juga menggelar kegiatan Forum Regulasi Sempadan dengan fokus bahasan  Menelik Area Integrasi Antara Bangunan dan Kota serta seminar tentang Syarat Kebutuhan  Parkir Sebagai Penunjang Bangunan.

Selama pameran berlangsung juga digelar kegiatan IndoBuildTech Concept Exhibition (INCEPTION) yang mengangkat interkoneksi dunia arsitektur dengan kemajuan sektor konstruksi ditampilkan secara visual 2 dan 3 dimensi.

Penyelenggaraan IndoBuildTech Expo B2B 2023 selama 4 hari di JIEXPO Kemayoran Jakarta oleh PT Debindo Global Expo (Debindo Group) turut menjadi motor penggerak percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan mempertemukan para pemangku kepentingan (stakeholders) material bangunan, interior dan arsitektur.

IndoBuildTech Expo B2B 2023 sukses terlaksana juga didukung oleh Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS).

Ketua Umum APTIKNAS Ir. Soegiharto Santoso, SH dan Sekjen APTIKNAS Fanky Christian hadir langsung di acara pembukaan. “Kami dari APTIKNAS selalu memberi support pameran IndoBuildTech Expo, hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Menteri PUPR pada poin 4 yaitu terkait perlunya melakukan pemerataan dan penguatan akses teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mendukung transformasi digital, dimana hal tersebut terkait erat dengan kami di APTIKNAS. Semoga pameran seperti ini dapat terus berlanjut dan pemanfaatan TIK dalam pembangunan makin maju kedepan nanti,” ujar Hoky, sapaan akrab Soegiharto.

Pelaksanaan pameran ini didukung penuh oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta mitra-mitra asosiasi pendukung antara lain Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Himpunan Designer Interior Indonesia (HDII) Jakarta, Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I), dan Ikatan Quantity Surveyor Idonesia (IQSI).

(Hendra)