Panitia Bersama Sukses Laksanakan Peringatan HPN 2024 di Belitung

Tanjungpandan, Belitung – Bharindojakartaindonesia.com/- Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Kabupaten Belitung, terlaksana dengan baik dan meriah. Kegiatan yang digelar Panitia bersama atau gabungan dari beberapa organisasi wartawan ini, bertempat RM. Sari Laut, Jalan Wahab Aziz Kelurahan Paal Satu Kabupaten Belitung (26/02/24).

Pada Peringatan HPN 2024 ini, dihadiri Pj. Bupati Belitung Yuspian,, S.Sos., M.IR, Komandan Lanud H.AS Hanandjoeddin (ASH) Letkol Pnb Dian Bashari, S.E.,M.I.Pol , Kadin Kominfo Muhammad Iqbal, ST, Kadin PUPR Edi Usdianto, ST., Ketua PWI Belitung Bastiariyanto, Ketua AWI Kabupaten Belitung LSM Intel atau Ormas Lokal dan Puluhan Jurnalis Belitung.

Ketua Panitia Bastiariyanto dalam sambutannya mengatakan, peringatan HPN 2024 seharusnya jatuh pada tanggal 9 Februari 2024, tetapi sehubungan ada agenda nasional yaitu Pemilihan Umum. Maka peringatan HPN 2024 diundur setelah pemilu selesai.

“Pada peringatan HPN 2024 yang dilaksanaka tanggal 17 s.d 20 Februari 2024 di Ancol Jakarta, Kabupaten Belitung mengirim 7 Orang dan 2 kursi yang telah disiapkan menjadi utusan untuk mengikuti pelaksanaan HPN 2024 tersebut,” jelas Bastiar.

Menurutnya, perlu diinformasikan kepada rekan wartawan khususnya, bahwa pada tanggal 20 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Perpres Nomor 32 Tahun 2024 Tentang Tanggungjawab Perusahaan Platform Digital Untuk Mendukung Jurnalis Berkualitas atau dikenal juga Perpres Publisher Rights.

“Dan kemudian yang kami dapatkan satu lagi, yaitu menekankan seluruh jajaran kominfo berbelanja iklan di media. Dan mudah-mudahan anggaran Kominfo Belitung bisa lebih besar lagi, agar bisa berbelanja iklan dimedia. Kepada kawan-kawan semoga melaksanakan tugas jurnalistik, agar tetap berkarya dengan tetap menekankan etika jurnalistik,” harap Bastiariyanto yang juga mantan Ketua Pokja Wartawan Belitung.

Sementara itu, Yuspian Pj. Bupati Belitung menyambuti baik peringatan HPN 2024 di Belitung, insan pers bisa bersatu semuannya. Untuk temanya luar biasa yaitu Mengawal Transisi kepemimpinan Nasional Menjaga Keutuhan Bangsa, karena kita sempat trauma pada pemilu- pemilu yang lalu. Polarisasinya luar biasa dan alhamdulilah pemilu tahun ini lumayan adem, mungkin polarisasinya tidak terjadi.

“Hari ini kondisi pers atau dunia jurnalistik, sedang banyak menghadapi masalah terutama dengan adanya media sosial. Karena kalau dulu untuk menjadi wartawan atau menulis berita banyak pelatihannya serta kompetensinya, baru bisa menghasilkan karya jurnalistik. Namun sekarang banyak berita hoax menyebar kemana-mana, sehingga masyarakat kita perlu dibantu rekan-rekan pers untuk memperjelas mana berita online atau digital yang bisa diverifikasi dan dipercaya,”kata Yuspian.

Selanjunya Yuspian menyebutkan, alangkah beratnya sekarang kerja wartawan sudah banyak dicuri, banyak artis-artis sudah jadi wartawan melalui infotaiment itu juga karya jurnalistik, masyarakat ada kejadian langsung upload di medsos dan bahkan pejabat. Semua ini adalah tantangan untuk rekan-rekan pers, tulisannya dapat dipertanggungjawabkan itu lebih utama.

“Dan verifikasinya valid dan memberitakan tidak berat sebelah, jadi kalau ada berita tentang A maka akan berupaya konfirmasi dengan A. Jika ada berita tentang B, maka berupaya konfirmasi dengan B dan mungkin berita seperti itu yang ingin dilihat masyarakat kita,”ujar Yuspian.

Melalui kesempatan ini mohon maaf kepada rekan-rekan media, karena kesibukan masih punya hutang dan saya telah bicara dengan Kadin Kominfo. Supaya nanyi kita rutin bertemu sebulan satu kali, Insya Allah nanti kita akan menyampaikan up date terbaru mengenai apa rencana Pemda kedepan.

“Dan kita juga minta masukan dari rekan-rekan wartawan, apa kira-kira yang kurang menjadi perhatian. Namun bila bertemu jangan bertengkar, tapi saling memberikan masukan. Untuk kesempatan ini, kami juga mengulang-ngulang kembali karena dalam waktu dekat kita akan mengadakan kegiatan besar yaitu Belitong Chines Internasional Festival,” jelas Yuspian.

Dan sebelum memulai Kegiatan Hari Pers Nasional 2024 di Belitung, Forkopimda dan tamu undangan makan malam bersama. Dan Pj Bupati Belitung turut menyumbangkan lagu disela-sela makan malam tersebut

.(Den/Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *