Sambangi Ke Rutan Banjarnegara, Kakanwil Jateng Apresiasi Kebersihan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan

Selasa (26 Maret 2024)
Bharindojakartaindonesia.com/- Banjarnegara — Dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara menerima kunjungan dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah yang merupakan rangkaian Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Se-Jawa Tengah.
Kedatangan Tejo Herwanto bersama rombongan disambut langsung oleh Karutan, Pejabat Struktural beserta Jajaran.
senin, malam (25/3/24) Pukul 20.50 WIB.

Karutan Banjarnegara, Bima Ganesha Widyadarma beserta jajaran menyambut hangat kedatangan Kakanwil.
Safari Ramadan ini menjadi momen yang berharga bagi Rutan Kelas II Banjarnegara, selain menjalin silatuhrahmi juga sebagai kesempatan untuk mendapatkan pandangan dan arahan serta motivasi langsung dari Kepala Kantor Wilayah kepada pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Program kegiatan safari ramadan merupakan agenda dari Kanwil Kemenkumham Jateng dimana kegiatan ini diharapkan membuat dampak positif.
Dampak positif tersebut selain untuk bersilaturahmi, salah satunya yaitu memonitoring keaadan di UPT,” tutur Bima.

Setelah berkunjung ke Rutan Banjarnegara, nantinya Kakanwil dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Purwokerto untuk menghadiri kegiatan safari ramadan yang ditujukan untuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Se-Eks Karesidenan Banyumas, dan dihadiri Kasatker.

Bima mengucapkan,” terima kasih atas apresiasi dari Kakanwil, diantaranya kebersihan kebersihan sekitar lingkungan Rutan, peningkatan kualitas pelayanan kepada warga binaan maupun masyarakat, serta deteksi dini dan mitigasi resiko dalam menjaga keamanan dan ketertiban yang sudah baik, salah satunya atas peremajaan kawat berduri dengan yang sudah menggunakan kawat berduri silet.

Bima juga mengatakan,”  “Masukan dan apresiasi langsung dari Kakanwil, sebagai pemicu kami terkait upaya pembangunan Zona Integritas (ZI) di Rutan Banjarnegara, semangat dan optimisme semakin menggelora, semoga harapan dalam meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) bisa terwujud di tahun ini,
Aamiin”, harap Karutan.

Dalam kunjungannya di Rutan Banjarnegara, Kakanwil Kemenkumham Jateng juga menyampaikan bahwa kegiatan safari ramadan ini digelar untuk memotivasi seluruh warga di dalam Lapas maupun Rutan memiliki semangat dalam memperdalam ilmu agama, program ini dirancang untuk menginspirasi dan memotivasi pegawai serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam beribadah dan peningkatan pembinaan kerohanian.

“Melalui safari ramadhan ini juga dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kepatuhan UPT terhadap pemberian kebebasan melaksanakan ibadah bagi WBP, kami harap seluruh UPT dapat memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi WBP untuk beribadah,” ujar Kakanwil.

Pria kelahiran Jakarta itu, mengungkapkan selama bulan ramadan ini pembinaan kerohanian harus ditingkatkan, ” Alhamdulillah, saya bersyukur selama kunjungan safari ramadan ini dan melakukan monitoring terhadap pembinaan kerohaniaan warga binaan, terlihat tidak ada batasan dalam hal hak beribadah, seperti yang terselenggara di Rutan Banjarnegara, saya melihat langsung warga binaan sedang melaksanakan kegiatan tadarus setelah salat tarawih, pastinya akan berdampak positif dalam pembentukan kepribadian yang lebih baik,”tutur Tejo.

Mantan Kakanwil Kemenkumham Banten berharap pada momen bulan suci Ramadan ini seluruh jajaran dapat terus meningkatkan iman dan taqwa dengan berlomba-lomba melakukan kebaikan dan meningkatkan ilmu pengetahuan keagamaan.

Sebelum melanjutkan perjalanan, Kakanwil menginstruksikan “Pertahankan keamanan dan ketertiban, pertahankan kebersihan dan keindahan Lingkungan Rutan Banjarnegara, serta selalu lakukan cek dan ricek kinerja staf dan regu pengamanan,” pungkasnya

    (hms/ugl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *