Sutomo Harlan ( Ketua Komunitas Forum Ikan Hias Kabupaten Tangerang ) ,Turut Mendukung Pameran NUSATIC 2024 ,Ajang Hajatan Bakul Ikan

Tangerang Selatan, Bharindojakartaindonesia.com /- Sebagai upaya meningkatkan minat dalam melestarikan dan menjaga keragaman ikan hias serta hewan peliharaan, memperluas pemasaran domestik dan internasional secara terorganisir, serta meningkatkan posisi daya saing Indonesia sebagai negara penghasil ikan hias terkemuka di dunia, acara “NUSATIC dan NUSAPET 2024” diselenggarakan di ICE BSD Exhibition, Serpong, Tangerang Selatan, dari 7 hingga 9 Juni 2024.

NUSATIC (Nusantara Aquatic) telah sukses diselenggarakan sejak 2016 hingga 2023, menjadi pameran dan kontes ikan hias serta tanaman air terbesar di dunia dengan menampilkan lebih dari 16 ribu ekor ikan. Sementara NUSAPET (Nusantara Pet) baru pertama kali diselenggarakan tahun ini dan diharapkan dapat berkelanjutan serta menarik minat masyarakat yang lebih luas.

Ketua Panitia Penyelenggara NUSATIC 2024, Djohan Tjiptadi, menyampaikan bahwa sejak 2016, pameran ini telah memperkenalkan pasar ikan hias Indonesia ke tingkat internasional secara lebih terbuka, sehingga NUSATIC dikunjungi lebih dari 11 ribu pengunjung dan diisi 76 tenant. Dari tahun ke tahun, antusiasme masyarakat menghadiri pameran semakin meningkat, terlihat dari jumlah kunjungan yang konsisten naik hingga mencapai 20 ribu pengunjung dan 140 tenant pada tahun 2023. Tahun ini, diharapkan mencapai 35-40 ribu pengunjung selama 3 hari.

“NUSATIC adalah tempat mendapatkan informasi pasar ikan hias domestik dan internasional, serta peluang usaha bagi para pelaku ikan hias nusantara. Setelah pandemi COVID-19 pada tahun 2019, terdapat peningkatan nilai ekspor ikan hias Indonesia. Tahun 2020, misalnya, nilai ekspor ikan hias Indonesia mencapai USD 30,76 juta (Rp447,78 miliar),” jelas Sugiarto Budiono, Ketua Umum NUSATIC.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Budi Sulistyo, mengatakan bahwa Indonesia telah menduduki peringkat kedua eksportir ikan hias di dunia. Ia menegaskan bahwa Indonesia harus bisa mengalahkan Jepang di pasar ikan hias global.

“Makanya kita harus memperkuat ekosistemnya, terkait pakan, aksesoris, serta brand dan pemasarannya,” ujarnya.

Sutomo Harlan /Theo beng Harlan Ketua Komunitas Forum Ikan Hias kota Tangerang dibawah asuhan  Dinas Perikanan Kota Tangerang  dan merupakan  salah satu peserta NUSATIC 2024 mengatakan bahwa Event ini sangat lah luar biasa dan menurut saya ini adalah hajatan tukang ikan ,bahkan yang hadir adalah bukan dari dalam negeri saja tapi juga Internasional ,ucapnya .

Kami sebagai tuan rumah dari Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang,  yang di pamerkan saat ini  adalah hasil budidaya kami semua di bawah naungan Dinas Kabupaten Tangerang,imbuhnya .

Lebih lanjut Sutomo menjelaskan,bahwa  erkembangan yang saya ikuti dari tahun ke tahun adalah bahwa ikan hias itu mempunyai market yang sangat luar biasa dengan banyaknya ikan jenis baru sehingga potensi pasarnyapun  semakin berkembang pesat .

Harapan saya semoga pameran ini lebih di tingkatkan lagi ,mungkinbisa bekerja sama dengan tim lain yaitu dari pertamanan,jenis binatang lain ,atau reptile sehingga bisa menjalin silahturahmi erat dengan para Budi daya ikan hias, tuturnya kepada awak media .

( Ses )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *