Pemberangkatan Satgas Operasi Pengamanan Pulau Terluar Kodam XIII/Merdeka

Bharindojakartaindonesia.com/Komandan Korem 131/Santiago, Brigjen TNI Martin Susilo M. Turnip, S.H., M.H, memberangkatkan prajurit Satgas Operasi Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) Kodam XIII/Merdeka pada Rabu, 12 Juni 2024, di Markas Korem 131/Santiago. Dalam amanatnya, Brigjen TNI Martin Susilo menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya, serta memberikan selamat bertugas kepada prajurit yang mendapat kepercayaan untuk mengamankan pulau-pulau kecil terluar NKRI yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Beliau menekankan pentingnya tugas pengamanan ini sebagai tanggung jawab bersama aparat negara. Meskipun TNI AD menjadi leading sektor, tugas ini dilaksanakan dengan kolaborasi bersama aparat TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya untuk memastikan operasi berjalan optimal.

Brigjen TNI Martin Susilo menekankan pentingnya menjaga citra dan nama baik satuan, menghindari pelanggaran, dan selalu membantu masyarakat setempat. Beliau juga menegaskan pentingnya komunikasi dan koordinasi yang baik dengan TNI Angkatan Laut dan kepolisian untuk menciptakan kerjasama yang efektif.

Keberadaan Satgas di wilayah strategis seperti Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud, yang berbatasan dengan Filipina, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga kedaulatan NKRI. Wilayah ini memiliki potensi ancaman seperti pelintas batas ilegal, penyelundupan, dan kejahatan lintas negara.

Danrem juga mengingatkan pentingnya pergeseran pasukan dan serah terima tugas yang detail dengan Satgas lama agar Satgas baru memahami tugas dan tanggung jawab di pos masing-masing. Acara pemberangkatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat militer dan tamu undangan.

  1. (Murry.K

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *