Desa Sijenggung Masuk Nominasi 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

L

Bharindojakartaindonesia.com/-  JATENG
BANJARNEGARA — Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024 melakukan penilaian lomba desa di Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara
Kamis, (13 Juni 2024).

Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu merupakan perwakilan Kabupaten Banjarnegara dalam lomba tersebut.

Rombongan tim penilai lomba desa dipimpin langsung oleh Kepala Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Tri Harso Widirahmanto,SH, disambut Pj. Bupati Banjarnegara Muhamad Masrofi, S.Sos., M.Si. Sejumlah pejabat juga mendampingi antara lain Sekretaris Daerah Drs. Indarto, M.Si , Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Hendro Cahyono, SE, M.Si, serta Kepala Baperlitbang Yusuf Agung Prabowo , SH M.Si yang diterima di Pringgitan Rumah Dinas Bupati.

Rombongan kemudian melanjutkan ke desa Sijenggung Kecamatan Banjarmangu guna evaluasi dan penilaian berkas dan dokumen.

Dalam arahannya Pj. Bupati Banjarnegara Muhamad Masrofi menyampikan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Banjarnegara.

Pj Bupati Banjarnegara Masrofi berharap penilaian ini dapat memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat Desa Sijenggung untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi pembangunan desa.

“Kami juga berharap penilaian ini dapat memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat Desa Sijenggung untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi pembangunan desa dan Desa Sijenggung Kecmatan Banjarmangu menjadi juara,“ katanya.

Sementara itu Sekda Drs. Indarto ,M.Si dalam sambutanya mengatakan,” bahwa Desa Sijenggung merupakan desa yang penuh dengan potensi dan keunikan.
Masyarakatnya memiliki semangat gotong royong yang tinggi dan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup melalui berbagai program pembangunan desa, berbagai inovasi dan program telah dijalankan demi kemajuan desa.

Indarto berharap memalui penilaian ini Desa Sijenggung dapat menampilkan segala potensi dan prestasi secara maksimal.

Tak lupa kami juga mohon bimbingan dan masukan dari tim penilai untuk perbaikan dan kemajuan desa Sijenggung khusunya dan Desa di Banjarnegara pada umumnya.
“Masukan dan saran sangat berharga bagi kami demi tarcapainya desa yang lebih baik dan sejahtera,” harapnya.

Lebih lanjut Indarto menyampaikan selamat dan apresiasi atas capaian Desa Sijenggung Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara yang berdasarkan penilaian administrasi Lomba Desa di Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024 berhak untuk dinilai dan klarifikasi lapangan.
“Semoga untuk selanjutanya hasil dan capaian yang sudah ada bisa dipertahankan dan ditingkatkan sebagai bekal dalam penyelenggaraan pemerintahan dan dasar bagi pengembangan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan Desa Sijenggung menjadi lebih baik dan maju,” pungkasnya.

Kepala Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Tri Harso Widirahmatno, SH. dalam sambutanya memperkenalkan satu persatu Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Par apenilai meliputi Kabid Penataan Desa Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Kepala Evaluasi dan Pengembangan Desa Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Biro Hukum, UNES, Pengerak PKK Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
“Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas sambutan yang diberikan masyarakat Desa Sijenggung terhadap tim penilai dari provinsi jawa Tengah.
Kami juga mengucapakan selamat kepada Kades Sijenggung dan Masyarakat Desa Sijenggung Kecamatan Banjarmangu menjadi lima terbaik Desa Di Jawa Tengah dari jumlah 7.810 Desa dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024,” katanya.
Tim penilai lomba ini akan melakukan klarifikasi lapangan untuk memastikan apakah dokumen administratef yang telah di kirim ke provinsi sesuai kondisi di lapangan.
Tim akan melakukan penilaian terkait di Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan dan Bidang Pemberdayaan Kemasyarakatan dan Inovasi-Inovasi yang dikembangkan di Desa.
Pelaksanaan lomba desa ini diawalai dengan seleksi dari tingkat Kecamatan, Kabupaten dan kemudian di Tingkat Provinsi, dan di awali dengan penilaian Administrasi yang masuk penilaian tingkat provinsi Jawa Tengah ada lima Desa, dari Kabupaten Jepara, Kabupaten Seragen, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Kudus. Jelasnya
Tri harso berharap kegiatan lomba ini bisa mendorong dan memotivasi desa / kelurahan untuk lebih lagi meningkatkan kinerjanya baik aspek pemerintahan, pembangunan, Kemasyarkatan maupun kewilayahan guna memberikan peningkatan pelayanan public dan kesejahteraan masyarakat.

    (qo/bgs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *