Momentum HJKT Ke-186 Kota Tanjungpandan, Bangkit Berinovasi Mengembalikan Kejayaan Pariwisata Negeri Laskar Pelangi

Bharindojakartaindonesia.com/ – Tanjungpandan, Belitung – DPRD Kabupaten Belitung laksanakan Paripurna XXVII Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023-2024, dalam rangka memperingati HJKT Kota Tanjungpandan Ke-186 Tahun 2024, dengan motonya yaitu “Dengan Semangat HJKT Ke-186 Bangkit Berinovasi Mengembalikan Kejayaan Pariwisata Negeri Laskar Pelangi” di Gedung DPRD Kabupaten Belitung, Senin (1/7/2024).

Ansori Ketua DPRD Kabupaten Belitung dalam sambutannya mengatakan, kami atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Belitung mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara yang ke 78, Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Ekslusif Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas.

” Untuk peringatan hari jadi kota Tanjungpandan merupakan amanat dari Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 17 Tahun 1990, Tentang Penetapan Hari Jadi Kota Tanjungpandan. Namun peringatan HJKT Ke-186 Tahun 2024, kami berharap tidak menghilangkan adat istiadat yang menjadi darah daging di kehidupan masyarakatnya,” kata Ansori.

Selanjutnya ansori menyebutkan bahwa momentum HJKT Ke 186 ini, harus mengingatkan kembali jati diri kita sebagai masyarakat Belitung yang selalu menjaga kearifan lokalnya. Namun tetap berusaha mencapai cita-cita, yang selaras dengan cita-cita bangsa Indonesia.

Sementara itu, Pj. Bupati Belitung Yuspian,S.Sos., M.I.R., mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pihak terkait. Dalam pelaksanakan Pemilu Serentak, yang diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu. Dan juga dukungannya disetiap kebijakan- kebijakan yang dilaksanakan pemerintah.

” Sehingga Kota Tanjungpandan yang kita banggakan terus maju dan berkembang, pada peringatan HJKT Ke- 186 tanggal 1 Juli 2024 ini. Pada momentum ini, mari kita tingkatkan jalinan kerjasama untuk bangkit mengembalikan kejayaan Negeri Laskar Pelangi. Untuk meningkat perekonomian, pembangunan serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Belitung,” ujar Yuspian.

Dan fokus pembangunan saat ini, bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai potensi yang kita miliki. Salah satunya merancang strategi pariwisata, dengan melakukan berbagai inovasi agar kunjungan wisata terus bertambah.

“Data kunjungan wisata sampai dengan bulan Mei 2024, tercatat 95.673 wisatawan yang telah berkunjung di Kabupaten Belitung. Dan akan bisa terus bertambah, dengan adanya partisipasi berupa promosi dan atraksi wisata berkelanjutan berdasarkan potensi yang kita miliki,” jelas Pj. Yuspian.

Pada momen Paripurna peringatan HJKT Ke 186 tahun 2024, juga dijelas langkah Pemerintah Daerah bersama legislatif dalam membangun Kabupaten Belitung, dengan berbagai pretasinya, antara lain :
1. Pemerintah Kabupaten Belitung ke 4 kalinya mendapatkan Opini WTP, atas laporan keuangan daerah Anggaran 2023 tanggal 25 Mei 2024.
2. Penganugrahan Adwi 2024, Desa wisata menuju pariwisata hijau berkelas dunia tingkat nasional yang diterima Desa Keciput Kecamatan Sijuk.
3. Pemenang Paraditha Kencana katagori BLKB non ASN dari BKKBN Republik Indonesia atas nama Malina Saputri, S.Keb.
4. Pemenang Pertama Praktik Baik Pelayanan Keluarga Sejahtera Satya Gatra Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diterima Satya Gatra Kecamatan Tanjungpandan Belitung.
5. Pemenang pertama kategori Pasangan KB Lestari 20 tahun terbaik, dalam lomba apresiasi tenaga lini lapangan terbaik tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Yang di terima Yusmini dan Haironi dari Kabupaten Belitung.
6. Juara II Lomba Vidio Promosi Pariwisata Pulau Belitung, Kategori Desa Wisata Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penghargaan diterima Desa Perpat Kecamatan Membalong.
7. Juara Favorit Lomba Vidio Promosi Pariwisata Pulau Belitung, kategori Desa Wisata Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penghargaan diterima Desa Perpat Kecamatan Membalong.
8. Index Desa Membangun atau IDM Desa Mandiri Yahun 2024, yang diterima Desa Simpang Rusa Kecamatan Membalong.
9. Juara I Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024, kategori Kelurahan yang diterima oleh Kelurahan Kampong Damai.
10. Juara II Lomba Desa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024, kategori Kelurahan yang diterima oleh Desa Sijuk.
11. Juara III Lomba Teknologi Tepat Guna tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kategori Umum atas nama Mulyana.
12. Juara Kedua Poktan UPPKA Tahun 2024 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diterima UPPKA 2Y Desa Badau Kabupaten Belitung.
13. Pencapaian peserya KB baru metode kontrasepsi implan terbaik tahun 2023, dalam lomba evaluasi program bangga kencana tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Yang diterima oleh DPPKBPMD Kabupaten Belitung.
(Den/Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *