Bentuk Keseriusan Kapolres Kotamobagu Yang Baru, Upaya Preventif Digelar Satuan Samapta Guna Cegah Gangguan Kamtibmas.

Bharindojakartaindonesia.com/Sabtu,20/07/2024. Semakin dekatnya pesta demokrasi Pilkada Kotamobagu sekaligus dalam rangka menyongsong tahapan-tahapan Pemilihan kepala Daerah, kepolisian Polres Kotamobagu melalui berbagai Item kegiatan terus melakukan upaya pencegahan gangguan Kamtibmas.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan rasa aman bagi seluruh warga masyarakat wilayah Kota Kotamobagu maupun warga masyarakat Desa wilayah Bolaang Mongondow yang sebaghagianya masuk dalam wilayah hukum Polres Kotamobagu.

Kegiatan dimaksud berupa Pengaturan,Penjagaan,pengawalan dan patroli, atau yang lebih dikenal dengan giat TURJAWALI.

Dibawah Kepemimpinan Kapolres Kotamobagu yang baru AKBP. Irwanto,SH.MH pengimplementasian bentuk dari kegiatan tersebut yakni memerintahkan kepada Satuan Samapta Polres untuk melakukan giat Preventif (Pencegahan) dengan Patroli diwaktu siang maupun malam hari.

Diwaktu siang, anggota Samapta Polres melakukan patroli ditempat-tempat pendidikan seperti sekolah-sekolah dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadi tawuran antar pelajar, siswa yang bolos sekolah, membawa Miras,Sajam, maupun yang berkaitan dengan Obat-obatan terlarang.

Menariknya lagi, dikalah malam hari banyak hal-hal yang ditemukan oleh Satuan Samapta Polres saat melakukan Patroli dihampir seluruh tempat-tempat yang disinyalir berpotensi kerawanan akan pelanggaran hukum, seperti di Pasar-pasar, Terminal Bus, Taman-taman kota, Kost Kostsan, Tempat-tempat nongkrong, Gedung-gedung atau bangunan yang tidak digunakan, kawasan pekuburan, tempat-tempat sepi termasuk juga Hotel-hotel dengan jadwal tertentu seperti saat malam mingguan dengan menggandeng Satuan Narkoba Polres Kotamobagu, dan juga Instansi Samping dari Polisi Militer.

Giat Operasi tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres ‘I Ketut Wiyasa,SE bersama KBO (Kaur bin Ops) ‘Ipda Ronald Palembatas beserta regu Patroli Presisi dengan komandan regu ‘Bripka I Wayan Karpa.

Pada pelaksanaan patroli yang digelar Jumat, 19 Juli 2024 pukul 23.00 wita, Tim menemukan sejumlah anak-anak muda yang sedang nongkrong sambil mengkonsumsi minuman keras depan terminal Serasi, dan di emperan toko pasar 23 Maret.

Selain tempat tersebut, Tim juga mendapatkan Abg-Abg perempuan dan laki-laki yang nongkrong di taman segi tiga Mongkonai dengan kondisi sama mengkonsumsi Minuman keras.

Upaya yang dilakukan oleh Tim patroli, memberikan teguran dan himbauan sekaligus membuang miras dan menyuruh serta mengarahkan para pemuda tersebut untuk kembali pulang kerumah masing-masing.

Kapolres Kotamobagu ‘AKBP. Irwanto,SIK.MH dalam himbauannya menyampaikan bahwa, Keamanan dan ketertiban masyarakat wilayah hukum Polres Kotamobagu secara koridor hukum merupakan tanggungjawab Mapolres Kotamobagu.

Akan tetapi peran serta Masyarakat Umum sangatlah dibutuhkan guna untuk melakukan upaya pencegahan terhadap pelanggaran hukum dan gangguan Kamtibmas dimaksud, karena dengan bersinerginya seluruh elemen masyarakat maka akan terwujud Kotamobagu yang aman,damai, kondusif dan serasi.

“Pencegahan, Penanganan, Penindakan hukum serta Kamtibmas adalah merupakan tanggungjawab yang diembankan pada Kami, ‘Ujar Irwanto.

Akan tetapi lepas dari hal tersebut, sinergitas seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, damai, kondusif dan serasi, terlebih lagi semakin dekatnya pesta demokrasi pemilihan kepala daerah yang sudah semakin dekat, tentu saya berharap dan mengajak pada seluruh masyarakat Kota Kotamobagu tak terkecuali, mari kita jaga bersama daerah ini yang dikenal dengan Moto Tompia’an, Moto Tabian bo Moto Tanoban (Saling memperbaiki, Saling Menyayangi dan saling merindukan), ‘Ajak Kapolres Kotamobagu.(R01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *