Suara PDIP dan Ganjar di Jateng Terus Tergerus Beralih ke Prabowo-Gibran

Selasa, (28/11/2023)-Bharindojakartaindonesia.com/- SEMARANG — Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto berpotensi menggerus mayoritas suara PDIP dan Ganjar Pranowo di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Dengan menggandeng Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan dukungan Presiden Jokowi, Prabowo berpeluang besar mendapatkan limpahan suara di Jateng.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara mengatakan dengan menggandeng Gibran, elektabilitas Prabowo sebagai capres maupun berpasangan akan terus menguat.
Menurutnya, Prabowo memiliki potensi besar menggerus dominasi PDIP dan Ganjar.

“Faktor Gibran menjadi cawapres Prabowo, diprediksi bisa menggerus perolehan suara Ganjar di Jawa Tengah,” kata Igor, ketika dihubungi awak media selasa,(28/11/2023).

Igor mengatakan, dengan duet bersama Gibran di Pilpres 2024, Prabowo memiliki kesempatan untuk menggusur dominasi PDIP dan Ganjar di Jateng.

Ia meyakini, Prabowo setidaknya bisa mengimbangi atau berpotensi mendapat dukungan masif di Jateng dan mengalahkan Ganjar sekaligus PDIP.

“Prabowo-Gibran berpotensi mengimbangi suara Ganjar atau setidaknya mengurangi perolehan suara Ganjar di kandang banteng,” ucap Igor.

Jika dilihat berdasarkan data terbaru yang dirilis SPIN periode 1-10 November 2023, Gibran memberikan dorongan elektoral yang positif bagi Prabowo.

Terbukti, elektabilitas Prabowo tetap kokoh berada di posisi pertama.

Adapun kontribusi Gibran terhadap pasangan calon diduga sebesar 2,7 persen, terbesar bila dibandingkan dua cawapres pasangan calon lainnya.

Dorongan kontribusi Gibran tersebut menguatkan elektabilitas Prabowo-Gibran menjadi 43,0 persen pada November 2023 setelah sebelumnya berada di angka 40,3 persen.

Oleh karena itu, Igor menyimpulkan dengan berduet bersama Gibran, Prabowo berpeluang mendapatkan dukungan besar dari pemilih muda dan pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 silam.

Hal ini semakin menguatkan potensi Prabowo-Gibran meruntuhkan dominasi PDIP dan Ganjar di Jateng.

“Suara Jokowi yang besar di Jawa Tengah ini berpotensi besar bermigrasi ke Prabowo-Gibran Rakabuming,” tandasnya.

     (qo/awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *