Hibah Anggaran telah disepakati, Bawaslu Jateng tindaklanjuti dengan gelar Sosialisasi Rekening Virtual Account

Rabu, (29/11/2023- Semarang – Bharindojakartaindonesia.com/ Bawaslu Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Rekening Virtual Account pada hari Selasa, (28/11/2023) kemarin. bertempat di Pusdiklat Bursa Kerja Kusus (BKK) Kota Semarang.
Kegiatan yang bekerjasama dengan Bank Jateng ini mengundang 35 Bawaslu Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Tengah.
Sosialisasi ini dimaksudkan sebagai tindaklanjut persiapan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam mengelola anggaran yang bersumber dari hibah Pemerintah Daerah.
Dalam kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore tersebut, peserta mendapatkan materi dari dua narasumber berasal dari Bank Jateng dan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Amalia selaku Kepala Divisi Dana dan Jasa Bank Jateng Provinsi Jawa Tengah menyampaikan mekanisme pembukaan rekening induk giro kepada para peserta. Dalam materinya, Amalia menjelaskan bahwa adanya rekening Virtual Account (VA) ini akan memudahkan Bawaslu Kabupaten/kota dalam mengelola anggaran hibah. Hal ini tidak lepas dari karakteristik VA yang dapat ditransaksikan melalui internet banking bisnis. Selain itu monitoring rekening dapat dilakukan secara real time mealui sistem yang ada.
Meskipun transaksi VA lebih mudah untuk dilaksanakan, Amalia menyatakan keamanan VA juga terjamin. Adanya verifikasi dan otorisasi berjenjang mulai dari petugas CSR sampai dengan Kanit Pelayanan meminimalisir terjadinya transaksi ilegal.

Setelah pemberian materi mengenai teknis pembukaan rekening dan transaksi VA, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Kartini Tjandra Lestari melanjutkan dengan materi seputar pengelolaan dana Hibah yang disimpan dalam rekening induk giro tersebut. Tjandra menekankan bahwa rekening yang dibuka di Bank Jateng ini akan menjadi rekening induk dalam mengelola anggaran pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pengawasan pemilihan Bupati dan Walikota.
Tjandra menekankan agar penggunaan anggaran disesuaikan dengan aturan yang berlaku.
Tjandra menambahkan bahwa kedepan akan ada kegiatan lanjutan untuk meningkatkan kapasitas Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kota dalam mengoperasikan CMS Rekening VA.

“Pengelolaan anggaran yang normatif, efektif dan efisien dari kita selaku Sekretariat akan memberikan sumbangsih dalam menjamin kualitas pemilihan kedepan,” Tukas Tjandra di akhir materi

       (qo/awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *