PJ Bupati Lunching Implementasi Transaksi Non Tunai Bagi Pemdes dan Serahkan Hadiah Juara Lomba Desa

Kamis (26 Mei 2024)Bharindo BANJARNEGARA – PJ Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH melaunching Implementasi Transaksi Non Tunai Bagi pemerintahan Desa di Kabupaten Banjarnegara, di Hotel Fox Harris, Kamis, (16/5/2024).

Tampak hadir mendampingi Tri Harso antara lain Sekda Drs Indarto M.Si, Kepala Dispermades PPKB Hendro Cahyono SE M.Si, Kepala BPPKAD Dwi Suryanto S.Sos M.Si, Kepala Dinsos PPPA Kabupaten Banjarnegara, Aditya Agus Satria, SE,Mec.Dev.MA yang dalam hal ini hadir selaku Komisaris PT BPR BKK Mandiraja Persero. Sementara dari undangan hadir para camat dan kepala desa se-kabupaten Banjarnegara.

Dalam sambutannya PJ Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH menyampaikan, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 telah mengatur tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Pemkab Banjarnegara telah membuat mekanisme Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Desa, yang pada aplikasinya menggunakan pengelolaan CMS (Cash Management System).

“Saya berharap, dengan launching ini dapat meningkatkan pengelolaan keuangan desa yang taat asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran, serta mewujudkan pembayaran kewajiban perpajakan yang tertib dan tepat waktu,” kata Tri Haro.

Tri Harso juga meminta agar BPR Mandiraja meningkatkan pelayanannya dengan mempperbaiki sistem yang telah berjalan.

Juga penyiapan SDM di desa agar sistem keuangan di desa semakin bagus.

Sementara itu Aditya Agus Satria, SE,Mec.Dev.MA mengatakan, bahwa aplikasi siskeudes berbasis CMS menjadi acuan bagi Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan desa dan pembayaran non tunai. Ini akan berdampak positif misalnya terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, mencegah terjadinya penyimpangan transaksi atau korupsi, mewujudkan tertib administrasi dalam pengelolaan kas desa.

Menurut Aditya, awalnya tidak mudah mewujudkan proses analog ke digital, karena butuh investasi besar dari infrastruktur dan SDM.

Namun dengan kerja keras stakeholder terkait akhirnya bisa terwujud.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu juga para operator yang telah berjibaku.

Dengan terwujudnya Siskeudes sistem CMS ini semoga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada pengelolaan keuangan di desa sehingga mendukung pembangunan desa. Desa pun akan semakin maju dan berkembamg,” kata Adit.

Adapun dukungan PT BPR BKK Mandiraja dalam Implementasi Transaksi Non Tunai bagi Pemerintah Desa adalah dengan menghadirkan CMS (Cash Management System).

juga Aplikasi Siskeudes yang saat ini digunakan oleh Pemerintah Desa dalam mengelola keuangan desa, yang dikerjakan vendor IT yang kompeten.

Sementara itu Kepala Dispermades PPKB Hendro Cahyono SE M.S menambahkan, pihaknya telah melakukan uji coba mplementasi transaksi non tunai dengan pilot project di 2 kecamatan, yakni di wilayah bawah Desa Bawang dan di Desa Batur mewakili wilayah atas. Dispermades PPKB juga menggelar pelatihan selama 3 hari untuk operator.

“Alhamdulillah uji coba baik dan lancar. Dari 66 transaksi 100 persen berhasil,” kata Hendro.

Pada kesempatan tersebut, PJ Bupati didampingi Sekda juga menyerahkan hadiah untuk juara lomba desa tingkat kabupaten, yakni Desa Sijenggung Kecamatan Banjarmangu sebagai Juara 1, Desa Mantrianom Kecamatan Bawang sebagai Juara 2, dan Desa Panggisari Kecamatan Mandiraja sebagai Juara 3.

Hadiah diterima para kades masing-masing, berupa sertifikat, piala dan uang pembinaan sebesar Rp.200 juta untuk juara 1, Rp. 150 juta untuk juara 2, dan Rp.100 juta untuk juara 3. (awi/qo/mjp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *